SDM Murung Raya Harus Mampu Bersaing

LULUS/BERITA SAMPIT - Ketua DPRD Mura, Dr. Doni, SP., M.Si.

PURUK CAHU- Ketua DPRD Murung Raya Doni mendorong pemerintah setempat untuk terus melakukan pengembangan sumber daya manusia lokal seiring dengan pembangunan Ibukota Negara (IKN) Nusantara.

Dia mengatakan, sebagai salah satu kota penyangga IKN Nusantara, Kabupaten Murung Raya mulai saat ini harus sudah bersiap dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kita ambil dampak positifnya yakni ketersediaan lapangan kerja yang akan terbuka sangat luas dan pemerintah setempat harus mampu melihat peluang bagi masyarakatnya,” ujarnya, Rabu 11 Mei 2022.

BACA JUGA:   Keberadaan PBS Diharapkan Bantu Pemerintah Mengentaskan Kemiskinan

Menurutnya, SDM yang dimiliki Kabupaten Murung Raya harus mampu bersaing nantinya dengan wilayah lain. Tinggal bagaimana pemerintah mengemas sistem pengembangan SDM yang diminati anak muda dan beriringan dengan perkembangan zaman.

Dia menambahkan, sisi lain dari berdirinya IKN adalah persaingan dalam berbagai lini akan semakin ketat. Terlebih dalam era globalisasi saat ini, persaingan dalam hal teknologi harus mampu diimbangi.

BACA JUGA:   Dewan Dukung Operasi Patuh Telabang Guna Minimalisir Angka Kecelakaan dan Pelanggaran

“Oleh karena itu, Dinas Tenaga Kerja bisa melaksanakan penambahan bidang dalam Balai Latihan Kerja. Mulai dengan hal-hal yang berbau teknologi, seperti latihan pengembangan software, robot, desain grafis, sinematografi, analis strategi media sosial dan lain sebagainya,” pungkas Doni. (Lulus/beritasampit.co.id).