Keberangkatan Haji 2022 dari Embarkasi Banjarmasin Sebanyak 7 Kloter

Kepala Kanwil Kemenag Kalsel Dr H M Tambrin.(Antara/HO)

BANJARMASIN – Keberangkatan haji tahun 2022 di Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yakni di Bandara Internasional Syamsuddin Noor sebanyak tujuh kelompok terbang (kloter).

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin di Banjarmasin Kamis 12 Mei 2022, menyampaikan, tujuh kloter haji 2022 tersebut dari calon jamaah haji (CJH) provinsinya dan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Sejak dahulu, jamaah haji asal Provinsi Kalteng memang diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah dan Madinah dari Embarkasi Banjarmasin.

Menurut Tambrin, sesuai dengan apa yang telah ditetapkan oleh Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI jumlah jamaah haji dalam 1 Kloter Embarkasi Banjarmasin adalah 360 orang CJH.

BACA JUGA:   1.026 Batang Tanaman Hias Anthurium asal Kalsel Diekspor ke Thailand

Dirincikan dia, CJH tersebut terdiri dari 356 orang CJH dan 4 orang petugas kloter, yakni 1 orang ketua kloter, 1 orang pembimbing ibadah dan 2 orang petugas kesehatan.

Dikatakan Tambrin, sesuai dengan Keputusan Menteri Agama Nomor 405 tahun 2022 tentang penetapan kuota haji Indonesia tahun 2022, Kalsel mendapatkan kuota sebanyak 1.743 orang dan Kalteng sebanyak 739 orang.

Total haji Kalsel dan Kalteng sebanyak 2.482 orang, dengan demikian dibagi menjadi 7 kloter, yakni 5 kloter dari Kalsel dan 2 kloter dari Kalteng.

Menurut dia, saat ini proses keberangkatan haji tahun 2022 di Kalsel sedang pelunasan ongkos haji atau Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BiPiH) dari 9 Mei hingga 20 Mei.

BACA JUGA:   Masyarakat Kalsel Diimbau Antisipasi Dampak Pasang Maksimum Air Laut

Biaya haji untuk Embarkasi Banjarmasin, Kalsel pada pelaksanaan keberangkatan haji tahun 2022 ini sebesar Rp41.235.290.

Sesuai rencana jadwal nasional keberangkatan haji tahun 2022 ini pada 3 Juni para jamaah kloter pertama sudah masuk asrama haji, pada 4 Juni kloter gelombang pertama haji Indonesia berangkat ke Madinah.

“Kita mengikuti jadwal nasional untuk berangkatnya,” tutur Tambrin.

ANTARA

(Visited 6 times, 1 visits today)