Polda Kalteng Adakan Sosialisasi Terkait Hepatitis Akut Misterius

IST/BERITA SAMPIT - Adeliana saat menyampaikan materi sosialisasi.

PALANGKA RAYA – Dalam rangka mengantisipasi ancaman Hepatitis Akut misterius pada anak, Polda Kalteng menggelar sosialisasi usai apel pagi di Lapangan Barigas Mapolda Kalteng, Kamis 12 Mei 2022.

Sebagai pemateri yaitu Adeliana, Sp.A. yang merupakan dokter anak dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doris Sylvanus. Saat memberikan materi, Dia menjelaskan terkait temuan virus varian baru yang sedang merebak dan menyerang anak-anak yaitu virus Hepatitis Akut misterius.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Salurkan Bantuan Beras kepada Warga Kobar

“Adapun gejala dari virus tersebut adalah mual dan muntah, diare berat, deman ringan, air kencing berwarna pekat, mata dan kulit menguning, gangguan pembekuan darah, kesadaran menurun, dan kejang,” ucapnya.

Dirinya juga menyampaikan cara pencegahan virus tersebut yaitu dengan rajin mencuci tangan dengan sabun, tidak berbagi alat makan maupun minum dengan orang lain, dan nenjaga kebersihan makan serta minuman.

BACA JUGA:   Diisukan Maju di Pilwakot Palangka Raya, Ini Tanggapan Ivo Sugianto Sabran

Sementara itu, Wakapolda Kalteng Brigjen Pol. Ida Oetari Poernamasasi melalui Kabidhumas Polda Kalteng Kombes Pol. K. Eko Saputro, berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat mencegah sedini mungkin penyebaran virus tersebut dan mengetahui gejalanya sehingga dapat dilakukan penanganan yang cepat.

“Apa yang disampaikan dokter Dessy mari kita laksanakan dan semoga kita beserta keluarga dijauhkan dari semua penyakit,” lugasnya. (Hardi/beritasampit.co.id).