Sejumlah Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Lebat

Sejumlah pengendara sepeda motor melintas saat hujan di Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (7/5/2022). BMKG Kalbar memprakirakan selama tiga hari ke depan masih berpotensi terjadi hujan berintensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat di sebagian besar wilayah Kalimantan Barat. ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/tom. (JESSICA HELENA WUYSANG/JESSICA HELENA WUYSANG)

JAKARTA – Beberapa wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang termasuk beberapa daerah di Jawa, Kalimantan dan Sumatera, berdasarkan peringatan dini cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Dikutip dari situs BMKG di Jakarta pada Kamis, diprakirakan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang dapat terjadi di wilayah Aceh, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Terdapat juga potensi hujan lebat di wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

BMKG juga mengingatkan hujan dengan intensitas lebih ringan berpotensi turun di wilayah Sumatera Barat, Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta dan Bali.

Sementara itu, Riau menjadi daerah yang berpotensi mengalami angin kencang pada hari ini.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, hujan dengan intensitas ringan berpotensi terjadi di Jakarta Selatan pada siang dan malam hari. Hujan ringan juga dapat terjadi wilayah Jakarta Timur pada siang hari ini.

BMKG juga mengingatkan beberapa daerah masuk dalam kategori waspada dampak hujan lebat seperti banjir yaitu di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua. (Antara/beritasampit.co.id).