142 Kontingen FBIM Resmi Dilepas, Wabup Barsel: Kegiatan Sangat Penting untuk Promosi Adat Budaya

DEDDY/BERITA SAMPIT - Wabup Barsel Satya Titiek Aryani Djoedir saat melepas kontingen Barsel yang akan mengikuti FBIM.

BUNTOK – Wakil Bupati Barito Selatan (Barsel) Satya Titiek Atyani Djoedir secara resmi melepas 142 orang kontingen Festival Budaya Isen Mulang (FBIM), Jumat 13 Mei 2022 di halaman Kantor Bupati Barsel.

FBIM merupakan sebagai sarana untuk mempromosikan adat dan budaya masing-masing daerah yang ada di Provinsi Kalteng. FBIM agenda tahunan dalam rangka merayakan Hari Jadi Provinsi Kalteng yang ke-65 tahun, maka melalui gelaran kegiatan ini masing-masing daerah akan menampilkan adat budayanya.

“Tentunya juga kegiatan ini sangatlah penting bagi Kabupaten Barsel sendiri untuk mempromosikan adat budaya sehingga dapat menjadi nilai tambah sendiri untuk kabupaten yang bertajuk Dahanai Dahanai Tuntung Tulus yang kita cintai bersama ini,” katanya.

BACA JUGA:   Pengembangan Ekonomi  Jadi Focus Pembangunan Kabupaten Barsel di Tahun 2023

Menurut Wabup, untuk sektor kebudayaan dan pariwisata apabila dikelola dengan baik maka akan mampu meningkatkan perekonomian daerah dengan alam yang masih asri dan unik. Termasuk keragaman budaya asli, menjadi daya tarik bagi wisatawan luar daerah maupun wisatawan lokal yang berkunjung ke Kabupaten Barsel.

“Semoga kontingen kita akan meraih prestasi untuk mengharumkan nama daerah serta dapat mempertahankan posisi tiga besar yang selalu diraih kapan perlu bisa menjadi nomor satu,” jelas Satya Titiek Atyani Djoedir.

BACA JUGA:   Forum PUSPA Berperan Aktif Tekan Kekerasan Perempuan dan Anak

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Barsel Dr. Manat Simanjuntak, M.Pd mengatakan, kontingen Barsel yang mengikuti FBIM ini sebanyak 142 orang mengikuti 11 cabang lomba yang terdiri dari 105 atlet, 39 official dan panitia.

“Adapun lomba yang diikuti yakni, tarian daerah, karnaval balogo, bagasing, mangaruhei, manyumpit, lawang sakepeng, maneweng, pemilihan putra-putri pariwisata serta kegiatan malamang,” pungkas Manat Simanjuntak. (Ded/beritasampit.co.id).