Seratus Pemuda Kalimantan Dijadwalkan Berpartisipasi pada Pra- KTT Y20

Kepala Dispora Kaltim Agus Tianur. ANTARA/Arumanto

SAMARINDA – Sebanyak seratus pemuda dari Pulau di Kalimantan dijadwalkan ikut berpartisipasi pada penyelenggaraan Pra-KTT Y20 Presidensi G20 Indonesia di Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.
​​​​
Kepala Dispora Kaltim Agus Tianur mengatakan pihaknya telah membuka kesempatan dan menerima para pemuda se-Kalimantan untuk turut berpartisipasi sebagai peserta bersama 19 pemuda seluruh negara plus Uni Eropa.

“Alhamdulillah, sesuai kesepakatan panitia, ditargetkan 100 pemuda se Kalimantan bisa berpartisipasi sebagai peserta. Dengan harapan, para pemuda saling berbagi pengetahuan dan informasi bagaimana kebijakan tentang isu yang diangkat,” ucap Agus Tianur di Samarinda, Jumat 13 Mei 2022.

Agus menilai kegiatan ini merupakan momentum yang sangat bagus untuk para pemuda berkomunikasi langsung dengan para pemuda seluruh negara di dunia yang kurang lebih 78 negara yang akan menghadiri kegiatan secara hybrid.

Menurut Agus, kenapa banyak yang akan mengikuti, karena isu yang akan dibahas sangat strategis, yaitu Sustainable and Livable Planet atau Lingkungan Berkelanjutan dan Layak Huni, pada 21-22 Mei 2022.

“Karena itu, kita bersyukur panitia dalam hal ini Indonesian Youth Diplomacy (IYD) merupakan organisasi kepemudaan yang telah ditunjuk sebagai Engagement Group menargetkan 100 pemuda lokal di Kalimantan untuk turut menjadi peserta,” jelasnya.

Saat ini, lanjut Agus, kurang lebih 70 pemuda sudah terdaftar secara daring melalui seleksi administrasi dan wawancara serta pembuatan makalah masalah lingkungan.

Selanjutnya, 30 peserta lagi akan diseleksi melalui kampus ke kampus atau Goes to Campus se-Kalimantan.

“Kami targetkan sebelum pelaksanaan sudah terpenuhi 100 pemuda yang menjadi peserta Pra-KTT Y20 Summit ini,” jelasnya.

ANTARA