Anggaran Terbatas, Kotim Hanya Ikutkan Enam Cabang Lomba di Festival Isen Mulang

ILHAM/BERITA SAMPIT - Bupati Kotim Halikinnor (baju merah muda) didampingi Sekda Kotim Fajrurrahman, Kepala Disbudpar Kotim Ellena Rosie dan para kontingen Isen Mulang, pada acara pelepasan kontingen yang digelar di Aula Kantor Bupati Kotim. Jumat 13 Mei 2022.

SAMPIT – Terbatasnya anggaran membuat di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kotawaringin Timur, hanya mengikut sertakan 6 cabang dari 17 mata lomba pada Festival Isen Mulang di Ibukota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, tahun 2022 ini.

“Pertama karena kondisi Covid-19. Sebenarnya tidak menganggarkan untuk lomba Festival Isen Mulang ini, karena ada pergeseran, jadi dana-dana yang ada itu kita geser terlebih dulu untuk kegiatan ini. Selain anggaran dan juga keterbatasan personil untuk latihan, jadi kita memprioritaskan cabang – cabang tertentu saja,” kata Kepala Disbudpar Kotim Ellena Rosie, usai pelepasan kontingen pada Jumat 13 Mei 2022.

BACA JUGA:   Pertamina Pastikan Stok Pertalite di Kalimantan Masih Aman

Menurutnya, Disbudpar Kotim punya alasan sendiri kenapa hanya mengikutkan pada 6 kategori lomba tersebut, karena cabang itu yang biasanya menjadi unggulan Kotim dalam Festival Isen Mulang setiap tahunnya.

“Cabang yang strategis biasanya dimenangkan oleh Kotim seperti menyipet, bagasing, tarian pesisir, putra-putri pariwisata dan juga mengenta. Apa lagi mengenta ini akan diadakan rekor muri pada pembukaan festival tersebut,” ungkapnya.

Untuk target, Rosie optimis kontingen perwakilan Kotim akan memberikan kemampuan terbaik dan bisa mempertahankan prestasi pada 6 kategori strategis yang diikuti tersebut.

“Karena yang diikuti adalah cabang yang strategis biasanya kita menjadi juara, hendaknya kita menjadi juara kembali, mudah-mudahan ini bisa tercapai prestasi yang kita inginkan,” tuturnya.

BACA JUGA:   Telawang Bangga Masuk Kelompok 3 Besar, Soal Apa Ya?

Dari 6 cabang lomba tersebut, sebanyak 45 orang peserta diberangkatkan ditambah 11 orang pendamping dari pihak Disbudpar.

Semetara itu, Bupati Kotim Halikinnor meminta seluruh peserta bisa memberikan kemampuan terbaik mereka dalam festival tersebut, dan dirinya yakin Kotim bisa meraih prestasi seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Kita berharap mereka yang kita kirim ini bisa meraih prestasi memberikan yang terbaik di sana nanti,” tungkasnya. (Cha/beritasampit.co.id).