Samarinda Kembali Berstatus Zona Hijau COVID-19

Infografis perkembangan kasus COVID-19 Provinsi Kaltim. (ANTARA/Arumanto)

SAMARINDA – Wilayah Kota Samarinda, Kalimantan Timur, kembali masuk ke jalur zona hijau COVID-19, setelah dua pasien positif di wilayah tersebut dinyatakan sembuh pada update kasus harian, Minggu 15 Mei 2022.

Juru bicara Satgas COVID-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak mengatakan Samarinda sebelumnya juga telah terbebas dari kasus virus corona, namun setelah perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah ada temuan kembali kasus positif di wilayah tersebut.

“Saat ini di Kaltim ada dua wilayah yang berstatus zona hijau yakni Mahakam Ulu dan Samarinda,” kata Andi Muhammad Ishak di Samarinda.

Andi mengatakan sebelum Lebaran sebenarnya ada empat wilayah di Kaltim
yang telah terbebas dari virus corona.

Dua wilayah lainnya yakni Kutai Timur dan Paser yang awalnya berada di zona hijau, kini kembali ke jalur zona kuning. Di Kutai Timur menyisakan dua pasien positif sedangkan di Paser menyisakan satu pasien positif.

Berdasarkan update kasus harian Satgas COVID-19 Kaltim per 15 Mei 2022 menyebutkan telah terjadi penambahan empat orang kasus sembuh, satu orang kasus terkonfirmasi positif dan tidak terjadi penambahan kasus meninggal dunia.

Untuk pasien terkonfirmasi positif yang masih menjalani perawatan, lanjut Andi masih tersisa 47 orang.

“Pasien positif terbanyak berada di Kutai Barat dengan jumlah 15 orang, dan sebaliknya paling sedikit di Paser dengan jumlah satu orang,” kata Andi.

Andi tetap mengimbau kepada masyarakat untuk tidak lalai dalam menerapkan protokol kesehatan, mengingat potensi penyebaran virus masih terus terjadi.

“Grafik penularan kasus memang terus melandai, namun bukan berarti kita telah terbebas dari virus corona, tetap jaga kesehatan dan jangan lupa disiplin dalam protokol kesehatan,” kata Andi Muhammad Ishak.

ANTARA