DPRD: Opini WTP Jangan Membuat Lengah dalam Mengelola Keuangan dan Aset Daerah

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto (kiri) dan Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin (kanan) di Kantor BPK RI Perwakilan Kalimantan Tengah beberapa waktu lalu. ANTARA/Ho-Protokol Komunikasi Palangka Raya

PALANGKA RAYA – DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, minta pengelola keuangan dan aset daerah ini tidak lengah menyusul diraihnya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) enam kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

“Opini WTP enam kali berturut-turut ini harus kita syukuri tapi jangan membuat lengah dan remeh dalam mengelola keuangan dan aset,” kata Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit Karyawan Yunianto di Palangka Raya, Senin 16 Mei 2022.

Dia mengatakan opini WTP keenam kali itu justru harus menjadi penyemangat dalam meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan dan aset daerah.

“Ini menjadi prestasi sekaligus tantangan bagi Pemerintah Kota Palangka Raya. Jika saat ini meraih WTP maka tahun depan kita harus meraih opini yang sama,” kata Sigit.

BACA JUGA:   Remaja di Palangka Raya Akan Diberi Pemahaman tentang Pencegahan HIV/AIDS

Opini dari BPK merupakan gambaran dan pengakuan bahwa pengelolaan keuangan dan aset yang dilakukan pemerintah daerah semakin baik dan sesuai dengan aturan.

Meski begitu, opini WTP ini bukanlah puncak dan akhir dalam mengelola keuangan dan aset daerah. Perbaikan dan peningkatan penyusunan, penggunaan, serta pencatatan pelaporan harus terus dilakukan. Penilaian kinerja pengelolaan keuangan daerah juga dilakukan setiap tahun oleh BPK RI.

“Untuk itu, seluruh rekomendasi, saran, dan masukan yang diberikan BPK RI Perwakilan Kalteng terhadap laporan yang disusun harus segera ditindaklanjuti dan dijadikan bahan evaluasi untuk perbaikan agar kekurangan tak terulang pada masa mendatang,” katanya.

BACA JUGA:   Legislator Ini Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Rumah Untuk Tanam Cabai atasi Kenaikan Harga

Pihaknya pun berkomitmen untuk mengawal jalannya pemerintahan, yang salah satunya dengan menjalankan fungsi pengawasan.

Sebelumnya Pemkot Palangka Raya berhasil meraih opini WTP enam kali berturut-turut dari BPK RI.

“Terima kasih untuk seluruh jajaran pegawai di lingkungan Pemkot Palangka Raya. Opini WTP ini berhasil didapatkan atas kerja keras dan kinerja mereka,” kata Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin.

Capaian itu juga bentuk konsistensi pemerintah Kota Palangka Raya dalam memperbaiki, meningkatkan kualitas pengelolaan, dan penyusunan laporan keuangan serta aset daerah.

“Opini WTP juga bentuk tanggung jawab pemerintah kota dalam menjaga transparansi serta efektifitas serta akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan dan aset daerah,” kata Fairid.

ANTARA