Polisi Antisipasi Penyebaran Wabah PMK

IST/BERITA SAMPIT - Petugas saat mengunjungi salah satu peternakan hewan

PALANGKA RAYA – Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan piaraan sedang melanda di beberapa wilayah di Indonesia saat ini membuat Polresta Palangka Raya melakukan langkah antisipasi masuknya wabah di wilayah hukumnya, salah satunya dengan melakukan patroli dialogis pada peternakan hewan di wilayah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Seperti yang dilaksanakan oleh Unit Patmot Satuan Samapta, Briptu Taufik Rahman bersama rekannya, Senin 16 Mei 2022.

Kasat Samapta, AKP Gatoot Sisworo yang turut memantau pelaksanaan patroli itu mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk upaya antisipasi Polresta Palangka Raya menanggapi Wabah PMK saat ini.

“Patroli dialogis memang diarahkan untuk menyambangi tempat-tempat peternakan hewan terutama sapi, sebagaimana instruksi yang diatensikan oleh Bapak Kapolri kepada seluruh jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia,” ucapnya melalui rilis yang diterima pada Senin 16 Mei 2022.

BACA JUGA:   Peran Mahasiswa dalam Menangkal Terorisme dan Radikalisme

Selain itu, dasar pelaksanaan patroli tersebut juga menindaklanjuti Surat Telegram yang telah diterbitkan Kapolda Kalteng, Irjen Pol. Nanang Avianto, tentang Adanya Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang Menyerang Ternak Sapi saat ini.

Sembari melakukan patroli dialogis tersebut, para personel Satsamapta pun juga menyampaikan sosialsiasi dan edukasi kepada para peternak sapi terkait penyebaran Wabah PMK, terutama ciri-ciri hewan ternak yang terindikasi tertular penyakit itu.

BACA JUGA:   Nuryakin Berharap Kedepannya PMI Semakin Baik dan Berkontribusi Pada Program Kemanusiaan

“Terkait ciri-ciri umum PMK yakni demam tinggi 39-41 derajat celcius, mulut mengeluarkan lendir busa, luka seperti sariawan di rongga mulut serta lidah, tidak mau makan, kaki pincang, luka pada kaki, kuku lepas, sulit berdiri, gemetar, napas cepat hingga menjadi kurus,” pungkasnya.

Gatoot pun menegaskan, Polresta Palangka Raya beserta seluruh jajarannya akan berupaya semaksimal mungkin untuk membantu upaya-upaya antisipasi maupun pencegahan masuknya wabah PMK di wilayah hukumnya saat ini.

“Polresta Palangka Raya beserta polsek jajaran akan turut membantu upaya antisipasi dan pencegahan masuknya wabah PMK, kami pun berharap kepada masyarakat agar turut membantu serta mendukung upaya tersebut,” tegasnya. (Hardi/beritasampit.co.id)