Wabup Sukamara Lepas Kontingen Festival Budaya Isen Mulang

Lepas : ENN/BERITA SAMPIT - Wabup Sukamara Ahmadi saat melepas Kontingen Festival Budaya Isen Mulang

SUKAMARA – Wakil Bupati Sukamara Ahmadi melepas 90 orang kontingen dan pendamping yang akan berlaga di Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) di Rumah Jabatan Bupati Sukamara pada Senin 16 Mei 2022.

Ahmadi mengatakan bahwa FBIM yang akan diselenggarakan di Kota Palangka Raya pada 17 hingga 23 Mei 2022 mendatang merupakan wujud eksistensi identitas diri, sehingga budaya yang ada di Kalimantan Tengah akan terus berkembang dan tetap bertahan.

“Festival Budaya Isen Mulang ditingkat Provinsi sedangkan ditingkat Kabupaten ada Festival Budaya Gawi Barinjam itu merupakan identitas kearifan lokal yang ada di daerah kita,” kata Ahmadi usai melepas Kontingen FBIM.

BACA JUGA:   Turunkan Stunting, Bupati Ikuti Apel Siaga Pendamping Keluarga Nusantara Bergerak

Meskipun kontingen Kabupaten Sukamara minim persiapan pasalnya kontingen yang ikut serta merupakan juara dari FBGB tahun 2019 dan 2020 lalu.

“Kita harus optimis, dengan latihan yang dilakukan selama ini, kita percaya kontingen berlaga secara maksimal di ajang Festival Budaya Isen Mulang tahun ini akan meraih prestasi maksimal,” terang Ahmadi.

Dijelaskannya, Kabupaten Sukamara meski minim persiapan lantaran dua tahun terakhir kegiatan FBGB tidak diselenggarakan akibat Pandemi Covid-19 meskipun demikian Pemerintah Daerah memotivasi supaya para kontingen tetap semangat mengikuti dan bersaing.

BACA JUGA:   Pemkab Akan Bentuk Satgas Jika PMK Terdeteksi di Sukamara

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Sukamara, Mansur Adabi mengatakan bahwa kontingen Sukamara akan mengikuti 10 cabang lomba seperti Manangkap ikan, Balogo, Tari pesisir, Lomba vlog, Duta pariwisata, Malamang, Menyumpit, Bola api, Bagasing

dan Melomba maneweng, manetek, manyila kayu serta Karnaval

“Dari 17 lomba yang ada pada FBIM kita akan mengikuti 10 cabang lomba termasuk Karnaval,” tukas Mansur Adabi. (enn/beritasampit.co.id)