Cadangan Minyak Strategis AS Turun ke Level Terendah sejak 1987

Foto Dokumen: Labirin pipa dan katup minyak mentah digambarkan selama tur oleh Departemen Energi di Cadangan Minyak Strategis di Freeport, Texas, AS 9 Juni 2016. ANTARA/REUTERS/Richard Carson

HOUSTON – Jumlah minyak mentah di Cadangan Minyak Strategis (SPR)  AS turun lima juta barel dalam pekan hingga 13 Mei, data dari Departemen Energi AS menunjukkan. Stok di SPR turun menjadi 538 juta barel, terendah sejak 1987.

Sekitar 3,9 juta barel minyak mentah asam dilepaskan ke pasar, sementara sekitar 1,1 juta barel minyak mentah sweet dikeluarkan, menurut data.

Presiden Joe Biden pada Maret mengumumkan pelepasan terbesar yang pernah ada dari cadangan minyak darurat AS pada 1 juta barel per hari (bph) minyak mentah selama enam bulan dari cadangan dalam upaya untuk menurunkan harga bensin yang melonjak selama perang Rusia dengan Ukraina.

BACA JUGA:   Penumpang Kapal dari Pelabuhan Sampit ke Pulau Jawa Disebut Melonjak

Sebelumnya, Amerika Serikat telah berkomitmen untuk melepaskan 30 juta barel minyak SPR pada Maret dan berjanji pada November untuk melepaskan 50 juta barel dari SPR.

Harga minyak AS telah melonjak hampir 25 persen menjadi hampir 114 dolar AS per barel karena pasar khawatir tentang krisis pasokan. Harga bensin dan solar eceran menyentuh rekor tertinggi minggu ini karena permintaan bahan bakar rebound mendekati level pra-pandemi, sementara kapasitas penyulingan telah turun.

BACA JUGA:   Penumpang Kapal dari Pelabuhan Sampit ke Pulau Jawa Disebut Melonjak

Pelepasan 180 juta barel setara dengan sekitar dua hari permintaan global, dan merupakan ketiga kalinya Washington memanfaatkan SPR dalam enam bulan sebelumnya.

Pemenang putaran terakhir penjualan dari SPR termasuk Valero Energy Corp, Motiva, Exxon Mobil, Shell, Phillips dan Marathon Petroleum Corp.

Setidaknya tiga kapal yang membawa minyak mentah dari cadangan darurat AS berlayar ke Eropa pada April ketika penyuling di sana bergegas untuk menggantikan pasokan minyak mentah Rusia, menurut data Bea Cukai AS, pelacakan kapal, dan sumber industri.

ANTARA