Festival Budaya Isen Mulang Memberikan Motivasi Dalam Menumbuhkembangkan Peran Serta Masyarakat

HARDI/BERITA SAMPIT - Suasana pembukaan kegiatan Festival Budaya Isen Mulang yang dibuka langsung Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimatan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas diselenggarakannya Festival Budaya Isen Mulang tahun 2022 ini.

Kegiatan rangkaian peringatan Hari Jadi ke-65 Provinsi Kalteng ini merupakan sebuah perwujudan cipta rasa dan karya para seniman daerah yang dilandasi nilai leluhur budaya bangsa berdasarkan Pancasila, yang bercorak Bhinneka Tunggal Ika serta berwawasan nusantara.

Hal ini disampaikan Sugianto saat membuka secara langsung Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tahun 2022, yang dilaksanakan di Bundaran Besar Palangka Raya, Selasa 17 Mei 2022.

Dia menjelaskan, pandemi Covid-19 yang selama ini melanda, lebih dari 2 tahun lamanya menunda event-event besar pariwisata yang sebelumnya telah terjadwal. Sehingga, saat ini pandemi Covid-19 khususnya di Provinsi Kalteng dapat terkendali, dan event-event seperti ini dapat kembali terlaksana.

“Festival Budaya Isen Mulang yang dilaksanakan hari ini merupakan event yang memberikan motivasi dalam menumbuhkembangkan peran serta masyarakat dan dunia usaha dalam menunjang pengembangan kebudayaan dan pariwisata,” katanya.

BACA JUGA:   KPU Tetapkan Daftar Pemilih Berkelanjutan di Kalteng 1,7 Juta Lebih

Upaya ini bukan hanya tugas pemerintah saja, namun merupakan tugas bersama antara pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat, terutama generasi muda yang dituntut senantiasa belajar di segala bidang, guna mempersiapkan diri menjadi masyarakat yang berkualitas di bidang masing-masing, sehingga pada saatnya nanti mampu menerima estafet pewaris pembangunan bangsa.

Dalam rangka mensinergikan upaya-upaya yang akan dilakukan, maka kiranya perlu adanya kesamaan bahasa, gerak dan langkah dalam pengembangan kebudayaan dan pariwisata untuk dapat terus ditingkatkan oleh semua pihak, dalam mengakselerasi pembangunan guna mewujudkan Kalimantan Tengah BerAkhlak yang penuh dengan KeBERKAHan.

“Dengan dilaksanakannya acara ini, diharapkan juga mampu menggugah masyarakat untuk lebih giat membangun dan mampu meningkatkan animo masyarakat sehingga menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Kalimantan Tengah,” harapnya.

Sehingga pada akhirnya selaras dengan Program dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia yang telah menetapkan branding destinasi pariwisata nasional yaitu “Wonderful Indonesia” dan “Pesona Indonesia” sebagai bentuk promosi ke mancanegara dan nusantara.

BACA JUGA:   Timsel Ajak Perempuan Ikut Mendaftar Calon Anggota Bawaslu Kalteng

“Selanjutnya perkenankan saya atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, mengucapkan terima kasih kepada bapak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia serta Bapak Menteri Pendidikan, dan Kebudayaan Republik Indonesia, yang telah memberikan dukungan terhadap pembangunan pariwisata, dan pengembangan kebudayaan di Kalimantan Tengah,” tandasnya.

Diharapkan juga kedepan dukungan pembangunan tersebut dapat masuk dalam prioritas nasional. Selanjutnya kepada panitia pelaksana, dewan juri Festival Budaya Isen Mulang diharapkan agar penyelenggaraannya dapat dilaksanakan dengan tertib, sportif dan disiplin.

“Kepada peserta lomba kami meminta agar mentaati peraturan yang telah ditentukan, laksanakan rangkaian kegiatan FBIM ini dengan semangat Isen Mulang, dan jangan lupa untuk tetap memperhatikan penerapan Protokol Kesehatan,” ujarnya. (Hardi/beritasampit.co.id).