Optimalkan Pengelolaan Anggaran

Wakil Ketua I DPRD Seruyan Bambang Yantoko. ANTARA/Publikasi DPRD Seruyan

KUALA PEMBUANG – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan agar bisa melakukan pengelolaan anggaran dengan sebaik mungkin.

Wakil Ketua I DPRD Seruyan Bambang Yantoko mengungkapkan, bukan hanya dari aspek administrasi saja yang harus diperhatikan. Akan tetapi, asas manfaat dari pengelolaan anggaran tersebut untuk masyarakat juga harus betul-betul dipastikan.

“Artinya pengelolaan anggaran tersebut jangan hanya sekedar bagus dari segi aspek administrasinya saja, dalam artian teknis-teknis secara prosedural atau misalnya memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Tapi hal itu juga harus dibarengi dengan realisasi di lapangan yang betul-betul bisa memberikan manfaat untuk masyarakat luas,” katanya, Selasa 17 Mei 2022.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

Ia menjelaskan, pengelolaan anggaran yang baik hendaknya diwujudkan dengan pengelolaan yang betul-betul tertata, terbagi rata serta dilengkapi dengan perencanaan yang matang terkait dengan kemana saja anggaran tersebut akan dialokasikan.

“Misalnya untuk pembangunan infrastruktur sekian, pendidikan dan kesehatan sekian dan lain sebagainya. Itu perencanaannya harus betul-betul jelas dan realisasinya di lapangan juga harus sesuai,” ujarnya.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

Lebih lanjut ia menambahkan, dengan adanya pengelolaan anggaran yang betul-betul dilaksanakan dengan optimal baik itu memperhatikan dari sisi administrasi teknis maupun asas manfaatnya, diharapkan mampu mewujudkan kesejahteraan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah setempat.