28 Cabang Olahraga Akan Dipertandingkan pada Porprov Kalteng 2023

Sekretaris Umum KONI Kalteng Elbadi Fardian. ANTARA/Adi Wibowo

PALANGKA RAYA – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Tengah 2023 akan mempertandingkan 28 cabang olahraga yang sudah disepakati tuan rumah Kabupaten Kotawaringin Timur bersama pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) provinsi setempat.

“Persiapan Porprov di Kota Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur sudah mencapai 60 persen. Dari 28 cabang olahraga tersebut tidak termasuk Sepak Bola Putri, karena pihak panitia di kabupaten tersebut kemarin tidak memasukan cabang olahraga tersebut,” kata Sekretaris Umum KONI Kalteng Elbadi Fardian di Palangka Raya, Rabu 18 Mei 2022.

Dia menuturkan, pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur yakni menyulap stadion andalan yakni Stadion 29 November Sampit mereka menjadi stadion yang berkelas sehingga pagelaran porprov di Kota Sampit benar-benar megah.

BACA JUGA:   Ombudsman Perwakilan Kalteng Kembangkan Jaringan Kerjasama Focal Point

Terkait persiapan venue, semuanya sudah dipersiapkan dengan baik. Rata-rata perhelatan cabang olahraga nantinya banyak menggunakan aula, sedangkan aula-aula dinas tersebut sudah dipersiapkan dengan baik.

“Yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari adalah lapangan sepak bola dan bisbol (baseball), maka dari itu stadion yang ada di Sampit dilakukan pembenahan sehingga pada hari H bisa digunakan,” katanya.

Elbadi menambahkan, terkait rumput lapangan di stadion nantinya akan menggunakan rumput sintetis. Maka dari itu cabang olahraga yang nantinya menggunakan stadion tersebut untuk bertanding, benar-benar harus menyesuaikan kondisi stadion tersebut nantinya.

BACA JUGA:   Sejumlah Guru Mengadu ke DPRD Kalteng Minta Pergub TP PNS Direvisi

Dengan informasi ini tentunya, cabang olahraga yang akan menggunakan stadion tersebut bisa menyesuaikan ketika berlatih.

“Untuk tanggal belum kami pastikan, yang jelas gelaran itu akan dilaksanakan pertengahan Juni 2023. Semoga gelaran yang nantinya akan mencari bibit-bibit atlet muda yang akan dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON),” kata Elbadi.

KONI Kalteng berharap Porprov 2023 di Sampit nanti berlangsung lancar, sportif dan meriah. Pertandingan ini diharapkan menjadi ajang meningkatkan prestasi olahraga sekaligus memperkuat persaudaraan di daerah ini melalui gelaran olahraga.

ANTARA