Dewan Harap Pemkab Optimalkan Pengelolaan Aset Yang Potensi Tingkatkan PAD

Anggota DPRD Seruyan Harsandi di Kuala Pembuang, ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan.

KUALA PEMBUANG – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan melalui seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) agar bisa memaksimalkan pengelolaan aset-aset daerah yang dimiliki.

Anggota DPRD Seruyan Harsandi mengungkapkan, khususnya aset-aset yang memang mempunyai potensi meningkatkan realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang kerap kali masih sangat jauh dari target yang ditetapkan.

“Aset-aset daerah yang punyai potensi untuk meningkatkan PAD itu harus dikelola dengan baik. Jangan sampai hanya dibiarkan begitu saja, apalagi sampai terbengkalai,” katanya, Kamis 19 Mei 2022.

Pengoptimalan pengelolaan aset-aset daerah yang punya potensi untuk meningkatkan realisasi PAD ini bahkan menjadi salah satu poin rekomendasi yang diberikan oleh Tim Pantia Khusus (Pansus) DPRD Seruyan terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Seruyan tahun anggaran 2021.

Ia mengatakan, rekomendasi tersebut diberikan mengingat beberapa tahun belakangan realisasi PAD Seruyan tidat maksimal dan jauh dari target yang telah ditetapkan. Sehingga disarankan kepada pemerintah daerah untuk melakukan berbagai macam upaya dalam rangka meningkatkan realisasinya.

“Yang mana salah satunya adalah dengan mengoptimalkan pengelolaan aset-aset daerah tersebut. Kalau itu ada potensi untuk meningkatkan PAD maka harus kita gali, agar PAD kita ini bisa maksimal,” pungkasnya.