Disnaker Sebut Jumlah Pencari Kerja di Kapuas Alami Penurunan

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kapuas Raison. ANTARA/ All Ikhwan

KUALA KAPUAS – Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kapuas mencatat jumlah para pencari kerja di daerah setempat pada 2022 mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Jumlah pencari kerja yang mendaftarkan diri atau melaporkan ke kami hingga April 2022 sebanyak 158,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kapuas Raison di Kuala Kapuas, Rabu 18 Mei 2022.

Jumlah 158 itu, lanjut dia, sangat menurun dibandingkan 2021 yang mencapai 881 pencari kerja yang mendaftarkan diri atau melaporkan ke Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kapuas. Dari 881 pencari kerja itu pun, hanya 33 orang yang melapor ke pihaknya sudah mendapatkan pekerjaan, sedangkan lainnya belum diketahui perkembangannya.

BACA JUGA:   Dinas Pertanian Kapuas Siapkan Posko Lalu Lintas Ternak di Perbatasan

Dia pun berpesan kepada semua pencari kerja yang telah meminta AK1, ketika telah mendapatkan pekerjaan, harus segera melapor ke Disnaker Kapuas. Hal itu sebagai bahan bagi Disnaker untuk mencatat sekaligus menganalisa pengurangan angka pengangguran di Kabupaten Kapuas.

“Bagi kami di Disnaker Kapuas sangat berarti sekali adanya laporan orang-orang yang sebelumnya tak mendapat pekerjaan. Apalagi ketika sudah menerima AK1,” kata Raisaon.

Para pencari kerja di daerah setempat rata-rata mencari kerja secara mandiri, dan kebanyakan bekerja di sejumlah perusahaan swasta di kabupaten setempat.

BACA JUGA:   Kasus Kekerdilan di Kapuas Turun Menjadi 25 Persen

Sedangkan untuk pencari kerja yang banyak mendaftarkan diri atau melaporkan ke Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kapuas, warga yang ada di Kecamatan Selat maupun yang berada di seputar wilayah Kota Kuala Kapuas terdekat.

“Upaya kita sendiri untuk membantu para pencari kerja ini, kita tetap selalu memberikan informasi-informasi lowongan pekerjaan maupun pasar kerja yang ada ling dengan Dinas Tenaga Kerja, tetap kita berikan informasi. Tapi rata-rata mereka saat ini secara mandiri bekerja di perusahaan swasta seperti PBS sawit, Plywood dan lain sebagainya,” demikian Raison.

ANTARA