Menjawab Keluhan Masyarakat, Camat Katingan Tengah Gandeng PBS Dan Pengusaha Perbaiki Kerusakan Jalan

IST/BERITASAMPIT - Suasana saat Camat Katingan Hilir memimpin kegiatan rapat, di aula Minon Dehen Kantor Camat Katingan Tengah

KASONGAN –  Menyikapi kerusakan ruas jalan di Kota Tumbang Samba yang lokasi berada di Desa Samba Danum dan Kelurahan Samba Kahayan, Camat Katingan Tengah Yobie Sandra langsung mengundang sejumlah Perusahaan Besar Swasta (PBS), di aula Minon Dehen Kantor Camat setempat, pada Kamis 19 Mei 2022.

Nampak hadir Perwakilan masing-masing PBS yaitu dari PT. KDP, PT. PSAM, PT. KBK, PT. WASCO-BAWAN KSO, Pengusaha Galian C diantaranya Garuda, Simpei dan Kabau.

Selain itu rapat tersebut juga dihadiri Anggota DPRD Katingan Dapil III Ledie Aberson, Danramil 1015 Tumbang Samba, H.Margus, Anggota Polsek Katingan Tengah, Karyoto, Damang Katingan Tengah, Kepala Desa Samba Danum, Lurah Samba Kahayan, LPM Samba Kahayan dan anggota BPD Samba Danum.

“Pertemuan kita hari ini adalah dalam rangka menjawab keluhan masyarakat Tumbang Samba terkait kerusakan beberapa ruas jalan di dalam kota Tumbang Samba. Dan ini saya ingin mendengarkan komitmen dari kita semua apakah punya niat yang sama untuk memperbaiki kerusakan jalan di dalam kota Tumbang Samba ini,” jelas Camat Katingan Tengah, Yobie Sandra, Kamis 19 Mei 2022.

BACA JUGA:   Memasuki Hari Kelima, 28 Siswa Latja Diberikan Ilmu Fungsi Teknis Kepolisian

Lanjutnya menambahkan dan sekedar agar masyarakat mengetahui bahwa Kantor Kecamatan Katingan Tengah tidak memiliki dana untuk memperbaiki ruas jalan yang rusak tersebut, menjadi urusan infrastruktur ada instansi tertentu yang menanganinya.

“Kecamatan itu hanya memiliki fungsi pelayanan saja, tidak dititipi anggaran untuk melakukan perbaikan jalan. Karena keterbatasan anggaran Pemerintah Kabupaten Katingan tahun ini, maka hanya melakukan pembangunan dan perbaikan jalan di Kota Tumbang Samba ada di Jalan Suhada, Jalan Tembus Dari Jembatan menuju SMA, Jalan Merdeka Samba Danum dan Jalan Samba Kahayan-Batu Badinding,” ucapnya.

Dengan demikian, karena keterbatasan anggaran tersebut  perlu adanya komitmen masyarakat semuanya untuk sama-sama membantu pemerintah dalam melakukan perbaikan jalan.

” Kadang-kadang ada oknum masyarakat yang mengungkapkan mudah saja melakukan perbaikan jalan, apalagi Katingan Tengah banyak PBS yang melakukan usaha. Maka oleh sebab itu,  dikesempatan ini untuk kita sama-sama memahaminya, bahwa meminta bantuan PBS itu ada prosedur yang harus dilalui, tidak semudah yang kita bayangkan,” tegasnya.

BACA JUGA:   46 CJH Katingan Siap Diberangkatkan ke Tanah Suci

Akan tetapi menurutnya, dirinya berterima kasih kepada sejumlah perwakilan PBS, Pengusaha dan Tokoh Masyarakat yang memiliki pemahaman yang sama untuk berkomitmen memperbaiki jalan yang rusak di dalam kota Tumbang Samba.

“Saya ucapkan terima kasih kepada manajemen PBS yang hadir yang telah menyatakan siap membantu melakukan perbaikan jalan, kedepan kita juga akan meminta bantuan pengusaha-pengusaha Tumbang Samba yang sekiranya bisa membantu apa saja dalam rangka perbaikan jalan tersebut,” ungkapnya.

Kemudian, untuk langkah kedepannya pihaknya bersama-sama unsur Muspika akan membentuk tim kecil yang akan menginventarisir spot-spot kerusakan jalan, sekaligus menghitung estimasi biaya dan material yang dibutuhkan untuk perbaikan jalan tersebut.

“Setelah tim kecil yang di kordinatori oleh Kepala Seksi Pembangunan Kantor Camat Katingan Tengah selesai melakukan penghitungan perkiraan biaya dan bahan maka saya akan mengundang untuk kita segera melakukan perbaikan,” pungkasnya.

(Annas/beritasampit.co.id)