Bupati Gunung Mas Beri Penghargaan Terkait Capaian Vaksinasi Covid-19

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong memberi penghargaan kepada kategori heroik kepada Polsek Kahayan Hulu Utara yang diterima oleh Kapolsek Iptu Agung Anak Gede Raka Sumiarta di Kuala Kurun, Kamis (19/5/2022). ANTARA/Chandra

KUALA KURUN – Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong memberi penghargaan kepada sejumlah kecamatan, pusat kesehatan masyarakat, kepolisian sektor dan komando rayon militer, terkait capaian vaksinasi Covid-19.

“Pada awal pelaksanaan vaksinasi Covid-19, saya berjanji memberi penghargaan kepada mereka yang capaian vaksinasinya dinilai baik. Hari ini saya menepati janji tersebut,” ucap Jaya Monong di Kuala Kurun, Gunung Mas, Kamis 19 Mei 2022.

Untuk tingkat kecamatan, peringkat satu kecamatan dengan persentase tertinggi vaksinasi dosis pertama adalah Manuhing yang mencapai 99,39 persen, peringkat dua Sepang sebesar 87,47 persen, dan peringkat tiga Mihing Raya sebesar 80,06 persen.

Untuk puskesmas, sebagai peringkat pertama adalah Puskesmas Tampang Tumbang Anjir Kecamatan Kurun dengan persentase 106,18 persen, peringkat dua Puskesmas Kurun Kecamatan Kurun sebesar 100,99 persen, dan peringkat tiga Puskesmas Tumbang Talaken Kecamatan Manuhing sebesar 99,39 persen.

BACA JUGA:   Petani Gunung Mas Didorong Optimalkan Pemanfaatan Kartu Tani

Untuk tingkat polsek, sebagai peringkat pertama adalah Polsek Manuhing dengan persentase 99,39 persen, peringkat dua Polsek Sepang sebesar 87,47 persen, dan peringkat tiga Polsek Kurun sebesar 76,86 persen.

Sementara itu untuk tingkat koramil sebagai peringkat pertama adalah Koramil Manuhing dengan persentase sebesar 99,39 persen, Koramil Sepang sebesar 87,47 persen, dan peringkat tiga Koramil Kurun dengan persentase 76,86 persen.

“Ada juga kategori terfavorit yakni Kecamatan Tewah, serta kategori heroik yakni Polsek Kahayan Hulu Utara dan Koramil Kahayan Hulu Utara,” beber orang nomor satu di Pemkab Gunung Mas ini.

Dia tetap meminta kepada seluruh pihak untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19, khususnya untuk dosis kedua dan dosis ketiga atau booster.

BACA JUGA:   Bupati Gunung Mas Targetkan 27.741 Anak di Imunisasi

Sekretaris Dinas Kesehatan Gunung Mas Evelnie mengatakan, capaian persentase yang dihitung dalam penghargaan tersebut adalah capaian dosis pertama per 31 Desember 2021.

Khusus untuk kategori heroik, Polsek dan Koramil Kahayan Hulu Utara memperoleh penghargaan karena wilayah kerja mereka yang terbilang luas dan menantang, serta meliputi tiga kecamatan yakni Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa, dan Damang Batu.

Walau saat ini pandemi Covid-19 melandai, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tetap dilakukan. Hingga 17 Mei 2022 lalu, dari target 100.418 orang untuk dosis pertama sudah mencapai 91,46 persen, dan dosis kedua mencapai 68,76 persen. Sedangkan untuk dosis ketiga, dari target 89.401 orang baru mencapai 19,38 persen.

ANTARA