Sebagian Wilayah Indonesia Diliputi Hujan Berintensitas Ringan

Ilustrasi - Seorang warga menggunakan payung menerobos lebatnya hujan hujan di kawasan Kotabaru, Yogyakarta. FOTO ANTARA/Noveradika/Koz/Spt.

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Indonesia diliputi hujan berintensitas ringan pada Jumat 20 Mei 2022.

Menurut paparan prakiraan cuaca Info BMKG diikuti secara daring di Jakarta, dijelaskan sirkulasi siklonik terpantau di perairan barat Kalimantan Barat, yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin, yang memanjang dari Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari Pesisir Selatan Jawa Tengah, hingga Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Maluku, dan di Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

BACA JUGA:   BMKG Ingatkan Waspada Potensi Hujan Lebat di Sejumlah Provinsi

Sehingga, dari wilayah Sumatera Banda Aceh diperkirakan cerah berawan, Tanjungpinang, Padang dan juga Bengkulu, diperkirakan berawan hingga berawan tebal.

Palembang diprakirakan berkabut. Medan, Pekanbaru, dan juga Lampung diprakirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Waspada untuk wilayah Jambi dan juga Pangkalpinang, karena diprakirakan hujan disertai petir.

Wilayah Pulau Jawa, di Jakarta, Semarang dan juga Surabaya diperkirakan hujan dengan intensitas ringan. Sedangkan untuk Serang dan juga Yogyakarta esok hari diprakirakan hujan dengan intensitas sedang.

Waspada untuk wilayah Bandung karena diperkirakan hujan disertai petir.

BACA JUGA:   Hujan Ringan hingga Sedang Berpeluang Turun di Sejumlah Kota Besar

Sementara wilayah Kalimantan, Palangkaraya dan juga Samarinda, diprakirakan hujan dengan intensitas ringan. Waspada untuk wilayah Tanjung Selor, Pontianak, dan juga Banjarmasin diprakirakan hujan disertai petir.

Selanjutnya untuk wilayah Denpasar dan juga Mataram diprakirakan hujan dengan intensitas ringan, sedangkan Kupang cuaca cerah.

Kemudian untuk wilayah Sulawesi, di wilayah Gorontalo Palu dan Kendari diperkirakan hujan dengan intensitas ringan. Di wilayah Mamuju dan juga Makassar diperkirakan hujan dengan intensitas sedang.

Waspada untuk wilayah Manado karena diprakirakan hujan disertai petir. Terakhir di wilayah timur Indonesia, diperkirakan hujan dengan intensitas ringan.

ANTARA