Banjir Di Kota Palangka Raya, Dewan Sebut ini Penyebabnya

IST/BERITA SAMPIT - Kondisi Banjir Kota Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Intensitas curah hujan yang cukup tinggi terjadi beberapa hari ini mengakibatkan beberapa titik ruas jalan di wilayah Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) tergenang banjir.

Derasnya banjir yang terjadi tersebut, membuat sejumlah wakil rakyat ikut memberikan komentar terhadap kondisi banjir yang terjadi di Kota Palangka Raya.

Terkait hal tersebut, Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya, Wahid Yusuf mengungkapkan, hari ini memang terjadi curah hujan yang besar. Sehingga hampir seluruh kota Palangka Raya mengalami kebanjiran.

Selain curah hujan yang tinggi adalagi faktor lain, yaitu saat ini Pemerintah kota Palangka Raya sedang melakukan pembuatan, perbaikan dan pembenahan jalan serta drainase-drainase vital yang ada di Kota Palangka Raya, seperti di buat yang baru dengan pemasangan U ditch dan dilakukan dengan perbaikan ulang yang rusak serta dilakukan pembersihan drainase.

“Bisa kita liat di beberapa titik Panarung, Temanggung Tilung, Menteng, Rajawali maupun daerah-daerah lain. Kenapa bisa banjir sampai Parah? selain faktor curah hujan, ada juga faktor lain karena pembuatan maupun perbaikan dilakukan bersamaan,”terang Wahidin Yusuf. Jumat 20 Mei 2022.

BACA JUGA:   Dewan Minta Kepala SOPD Rutin Memonitoring Kinerja ASN

Politisi dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) inipun menyebutkan, adanya perbaikan dilakukan bersamaan tersebut, hampir menggangu fungsi dari seluruh drainase yang ada di Kota Palangka Raya.

“Ada yang bertanya kenapa harus di lakukan bersamaan? jawaban nya adalah, karena pengerjaan suatu pembangunan insfrastruktur itu ada batasan waktu yang di tentukan. Sehingga kita harus melaksanakan nya bersamaan,” tuturnya.

“Apabila kita mengundur pengerjaan, kemungkinan besar akan masuk bulan musim penghujan dan tahun pengerjaan suatu Proyek akan berakhir atau tidak sempat selesai karena habis waktu masa kerja” sambung Wahid Yusuf.

Sementara itu, dalam mengatasi permasalahan banjir, Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin bersama Instansi terkait melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) terkait pengendalian dan penanggulangan banjir.

Fairid menyebutkan bahwa, dalam mengatasi hal tersebut pihaknya bersama instansi terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) akan segera mengatasi permasalahan tersebut.

BACA JUGA:   Remaja di Palangka Raya Akan Diberi Pemahaman tentang Pencegahan HIV/AIDS

“Kami bersama instansi terkait telah melakukan koordinasi terkait pengendalian banjir dan ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Dalam waktu dekat kami akan melakukan swakelola dengan pihak UPT PUPR terkait untuk mengatasi terjadinya banjir itu sendiri,” terang Fairid Naparin.

Lebih lanjut, Fairid menyebutkan juga, bahwa banjir terjadi memang karena faktor alam terutama intensitas hujan yang terjadi hari ini memang sangat tinggi.

“Seperti yang kita ketahui intensitas curah hujan hari ini memang sangat tinggi sebagian saluran sekunder tidak bisa menampung debit air hal itulah salah satu yang menyebabkan terjadinya banjir,”tuturnya.

Untuk itu, Fairid mengajak masyarakat Kota Palangka Raya bersama pemerintah untuk saling bersinergi dalam mengatasi terjadinya bencana banjir.

“Untuk masyarakat kota cantik marilah bersinergi dengan pemerintah dalam menanggulangi terjadinya banjir dengan tidak membuang sampah di sungai terutama di saluran-saluran drainase yang dapat menimbulkan penyumbatan air dan bisa mengakibatkan terjadinya banjir,” tutup Fairid Naparin.

(M.Slh/beritasampit.co.id)