Cegah Wabah PMK, Polisi Awasi Jalur Keluar Masuk

IST/BERITA SAMPIT - Petugas saat melakukan pengecekan kendara yang akan keluar masuk wilayah Kota Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Guna mengantisipasi penyebaran Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang terjadi pada saat ini, Polresta Palangka Raya, pun melakukan langkah pencegahan. Seperti halnya dengan melakukan pengawasan pada kawasan jalur keluar dan masuk wilayah dalam Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, dengan mengerahkan para personel Polresta Palangka Raya, Sabtu 21 Mei 2022 dini hari.

Kapolresta Palangka Raya, Kombes Pol. Budi Santosa menjelaskan, upaya antisipasi tersebut dilakukan sesuai dengan arahan yang diperintahkan oleh Kapolri kepada seluruh jajarannya.

“Terkait Wabah PMK saat ini, Bapak Kapolri pun telah menginstruksikan seluruh jajarannya untuk turut membantu upaya-upaya pencegahan serta penanggulangan pada wilayah masing-masing, termasuk pula di Kota Palangka Raya,” ucapnya melalui rilis yang diterima pada Sabtu 21 Mei 2022.

BACA JUGA:   Danrem 102/Pjg: Banyak Prestasi yang Telah Diperbuat Oleh Para Prajurit TNI

Pengawasan pada jalur keluar masuk di wilayah hukumnya pun dilakukan mulai dari pagi hingga dini hari, yang diamanatkan kepada para personel Satuan Lalu Lintas beserta satuan fungsi Polresta Palangka Raya terkait lainnya.

“Pengawasan dilakukan dengan melakukan pengecekan terhadap setiap kendaraan yang melintas, terutama kendaraan roda empat yang membawa maupun memuat hewan-hewan ternak, khususnya sapi,” pungkasnya.

Dirinya menjelaskan, para personel yang melakukan pengawasan tersebut telah dibekali beberapa pengetahuan terkait ciri-ciri hewan ternak yang terindikasi tertular PMK, sehingga pengecekan pun dilakukan dengan sebaik mungkin.

BACA JUGA:   Kodim Palangka Raya Gelar Komunikasi Sosial

“Terkait ciri-ciri umum PMK yakni demam tinggi 39-41 derajat celcius, mulut mengeluarkan lendir busa, luka seperti sariawan di rongga mulut serta lidah, tidak mau makan, kaki pincang, luka pada kaki, kuku lepas, sulit berdiri, gemetar, napas cepat hingga menjadi kurus,” jelasnya.

Budi pun menegaskan, jajarannya akan berupaya semaksimal mungkin untuk membantu upaya-upaya antisipasi maupun pencegahan masuknya wabah PMK di wilayah hukumnya saat ini.

“Polresta Palangka Raya beserta polsek jajaran akan turut membantu upaya antisipasi dan pencegahan masuknya wabah PMK, kami pun berharap kepada masyarakat agar turut membantu serta mendukung upaya tersebut,” lugasnya. (Hardi/beritsampit.co.id)