Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata Kalteng Tahun 2022 Terpilih, Ini Dia Orangnya

IST/BERITA SAMPIT - Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata Kalteng Tahun 2022 (Juara 1) dimenangkan oleh finalis Jagau asal Kota Palangka raya dan finalis Bawi Nyai asal Kabupaten Kotawaringin Timur

PALANGKA RAYA – Malam grand final pemilihan Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2022 mendapatkan pasangan duta wisata yang berkompeten sebagai ujung tombak promosi wisata, seni dan budaya di tingkat Provinsi Kalteng, pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2022. Malam grand final pemilihan Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2022 tersebut dilaksanakan di Aula Jayang Tingang, Jumat 20 Mei 2022 malam.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Adiah Chandra Sari menyampaikan kegiatan lomba Pemilihan Jagau dan Nyai Bawi Pariwisata Kalteng ini merupakan bagian dari rangkaian lomba yang diselenggarakan dalam Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Kalteng Tahun 2022 yang berlangsung pada tanggal 17 sampai dengan 20 Mei 2022.

“Untuk Jagau dan Nyai Bawi Pariwisata Kalteng dilaksanakan dalam kurun waktu empat hari dari tanggal 17 sampai dengan 20 Mei 2022 secara hybrid. Kategori pemenang pada malam Grand Final diantaranya kategori Jagau dan Nyai Bawi Pariwisata Kalteng, Wakil I dan Wakil II, Best Catwalk, Intelegensia, Busana Terbaik, Favorit, Persahabatan, Fotogenik, Social Media, Berbakat dan Kebudayaan,” ucapnya.

BACA JUGA:   Penetapan Harga TBS Sawit di Bumi Tambun Bungai Diapresiasi Ketua Himtani Kalteng

Kategori Best Catwalk dimenangkan oleh finalis jagau asal Kabupaten Sukamara, Rangga Eka Pranata dan finalis bawi nyai asal Kabupaten Kotawaringin Barat, Reni Anggraeni. Kategori Intelegensia dimenangkan oleh finalis jagau asal Kabupaten Lamandau, Ham Fransya Pribadi dan finalis bawi nyai asal Kota Palangka Raya, Rabeka Putri.

Kategori Busana Terbaik dimenangkan oleh finalis jagau bawi nyai asal Kabupaten Murung Raya, Vildan Romagavinsa dan Ivanna Agustina. Kategori Favorit  dimenangkan oleh finalis jagau asal Kabupaten Barito Selatan, Muhammad Nur Riady dan finalis bawi nyai asal Kabupaten Kotawaringin Barat, Reni Anggraeni.

Kategori Persahabatan dimenangkan oleh finalis jagau asal Kabupaten Kotawaringin Timur, Rio Setiawan dan finalis bawi nyai asal Kabupaten Lamandau, Enggel Selina Sarah. Kategori Fotogenik dimenangkan oleh finalis jagau asal Kabupaten Gunung Mas, Tryoanda Nazaret dan finalis bawi nyai asal Kabupaten Sukamara, Aysha Helena.

Kategori Social Media dimenangkan oleh finalis jagau asal Kabupaten Kotawaringin Barat, Gatot saputra dan finalis bawi nyai asal Kabupaten Barito Selatan, Dinong Sawong Sayang. Kategori Berbakat dimenangkan oleh finalis jagau asal Kabupaten Kapuas, Plesky Ardianto dan finalis bawi nyai asal Kabupaten Katingan, Patrisia Luisa Paulina Kosegeran. Kategori Kebudayaan dimenangkan oleh finalis jagau asal Kabupaten Katingan, Noor Abdi dan finalis bawi nyai asal Kabupaten Kapuas, Septi Eka Putri.

BACA JUGA:   Sekda Kalteng Ajak Seluruh Masyarakat Untuk Mendukung PPS

“Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata Kalteng Tahun 2022 (Juara 1) dimenangkan oleh finalis Jagau asal Kota Palangka raya, Jales Veva Jaya Mahe dan finalis Bawi Nyai asal Kabupaten Kotawaringin Timur,Liana Permata Sari. Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata Kalteng Wakil I (Juara 2) dimenangkan oleh finalis Jagau asal Kabupaten Pulang Pisau, Doni Miseri Cordias Domini dan finalis Bawi Nyai asal Kabupaten Gunung Mas, Lusya Aprilita. Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata Kalteng Wakil II (Juara 3) dimenangkan oleh finalis Jagau asal Kabupaten Barito Selatan, Muhammad Nur Riady dan finalis Bawi Nyai asal Kabupaten Pulang Pisau, Desti Natasha,” jelasnya. (Hardi/beritasampit.co.id)