Terkait Undangan HUT ke-65 Kalteng, Ini Penjelasan Panitia

IST/BERITA SAMPIT - Pelaksana Tugas Kepala Badan Kesbangpol Kalteng Akhmad Husain

PALANGKA RAYA – Terkait kisruh di media sosial menjelang persiapan peringatan puncak Hari Jadi ke 65 Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2022. Komentar masyarakat dipicu beredarnya sebuah undangan untuk mengikuti upacara hari jadi yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah.

Hal tersebut pula memantik kekecewaan salah satu anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, karena dalam list undangan tidak tercantum anggota DPRD khususnya Pimpinan DPRD Provinsi Kalimantan Tengah.

Terkait hal tersebut, Pelaksana Tugas Kepala Badan Kesbangpol Kalteng Akhmad Husain selaku koordinator seksi upacara menyampaikan klarifikasi di sela-sela gladi kotor Uapacara Hari Jadi ke 65 Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2022 di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Jumat 20 Mei 2022 Mei kemaren melalui rilis yang diterima pada Sabtu 21 Mei 2022.

Akhmad Husain menjelaskan bahwa kejadian tersebut murni kekurangcermatan dalam penggunaan redaksi undangan, sehingga mengundang penafsiran yang beragam. Lebih lanjut Husain menyebut bahwa undangan yang beredar dengan nomor 005/204/Kesbang tanggal 17 Mei 2022 Hal Upacara Hari Jadi ke 65 Provinsi Kalimantan Tengah, sebetulnya hanya ditujukan kepada pimpinan institusi yang memiliki pasukan/ anggota dan atau PNS, yang diharapkan dukungannya untuk menugaskan anggota atau pegawainya untuk menjadi peserta upacara.

BACA JUGA:   IPMK Palangka Raya Menggelar Buka Bersama dan Tausiah Agama

Untuk itu, dalam list undangan khususnya anggota Forkopimda hanya tertera Kapolda dan Danrem, selebihnya adalah institusi sipil termasuk Sekretariat DPRD Provinsi Kalimantan Tengah.

“Kita mengakui ada unsur kurang cermat dalam menggunakan redaksional pada substansi surat tersebut sehingga menimbulkan salah penafsiran, surat tersebut murni permintaan pasukan upacara, untuk itu panitia mohon maaf kepada para pihak yang merasa tidak nyaman, khususnya kepada Lembaga legeslatif yang terhormat DPRD Provinsi Kalimantan Tengah,” ucapnya.

Lebih lanjut Husain menyebut, panitia telah mengirimkan surat susulan Nomor 100/89/II.2/Pem-Otda tanggal 19 Mei 2022 yang ditujukan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, selanjutnya surat nomor 100/90/II.2/Pem-Otda tanggal 19 Mei 2022 yang ditujukan kepada Kapolda Kalimantan Tengah, dan surat nomor 100/91/II.2/Pem-Otda Tanggal 19 Mei 2022 yang ditujukan kepada Danrem 102/Pjg, berikut surat nomor 100/92/II.2/Pem-Otda tanggal 19 Mei 2022 yang ditujukan kepada semua Pimpinan Perguruan Tinggi di Palangka Raya, dan terakhir surat nomor 100/93/II.2/Pem-Otda tanggal 19 mei 2022 yang ditujukan kepada Pimpinan Ormas yang memiliki pasukan.

Substansi surat atau perihal semua surat yang dikirimkan tersebut adalah permintaan pasukan yang akan menjadi peserta upacara.

BACA JUGA:   Sebagai Putra Daerah, Untung Jaya Bangas Bakal Maju Pilkada Gunung Mas 2024

“Undangan untuk menghadiri upacara sebagaimana lazimnya tata naskah yang berlaku selama ini, akan diundang secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Tengah dengan jenis undangan dan tata naskah yang sudah baku, termasuk undangan kepada pimpinan DPRD Provinsi Kalimantan Tengah beserta anggota,” lugasnya.

Masih menurut Husain, undangan khusus dari Gubernur Kalimantan Tengah untuk menghadiri upacara dengan nomor register : Reg.A3.ADPIM.03.11052022.027.ADPIM.HK yang dikeluarkan oleh Biro Administrasi Pimpinan, telah didistribusi mulai tanggal 19 Mei 2022 ke masing-masing tujuan.

“Undangan untuk menghadiri upacara puncak hari jadi tahun ini lebih dari seribu orang dari berbagai unsur termasuk keterwakilan masyarakat, dan semua itu menggunakan format Gubernur Kalimantan Tengah sebagai pengundang. Saya pikir permasalahan ini telah klir, dalam pekerjaan besar tentu kesempurnaan adalah harapan, namun jika terjadi kekeliruan, itu adalah sebuah kekurangan yang harus diperbaiki kedepan. Mari kita do’akan Bersama, di usia 65 tahun Kalimantan Tengah ini masyarakat makin sejahtera, sehingga apa yang menjadi cita-cita besar yakni Kalteng Makin Berkah dapat kita wujudkan Bersama,” pungkasnya. (Hardi/beritasampit.co.id)