DKPPP Barsel: Sektor Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Program Prioritas di Tahun 2022

DEDDY/BERITA SAMPIT : Kepala DKPPP Kabupaten Barsel Ida Safitri, SP.,MM

BUNTOK – Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menyebutkan pengembangan sektor pertanian, perkebunan dan peternakan merupakan program prioritas di Tahun 2022 ini.

“Ketiga sektor ini sebagai program prioritas, tentunya sangat diharapkan bisa memiliki daya saing yang berkelanjutan serta lebih modern lagi,” Kata Kepala DKPPP Kabupaten Barsel Ida Safitri kepada beritasampit.co.id, Senin 23 Mei 2022.

Dikatakan, pihaknya juga telah mempersiapkan beberapa program yang bertujuan untuk menyukseskan ketiga program prioritas tersebut seperti sektor perkebunan untuk mendukung kelancaran petani karet mendapatkan bibit unggul.

“Maka kita mengadakan, kebun entres karet klon PB.260 serta IRR.122 seluas 1 hektar di UPT BBP Dangka begitu juga untuk sektor perikanan di tahun 2022 ini sama seperti tahun lalu juga diadakan pemberian bibit ikan dan bantuan lainnya bagi petani perikanan diwilayah setempat termasuk juga ada pemberian bibit unggas seperti ayam untuk kelompok tani,” katanya.

Sedangkan untuk sektor Tanaman Pangan dan Holtikutura (TPH) lanjut Ida Safitri, pihaknya juga akan lebih meningkatkan produktivitas pertanaman dan akan menyerahkan bantuan pemerintah berupa bibit padi maupun cabai.

“Program-rogram bantuan ini, ada yang bersumber dari dana APBN serta ada juga bersumber dari APBD,” ungkapnya.

Menurutnya, terkait pengembangan TPH agar lebih baik lagi pihaknya melakukan pendataan Calon Petani dan Calon Lokasi (CPCL) yang diharapkan pengembangan program tersebut agar tepat sasaran.

“Pengembangan TPH pihaknya juga melakukan pendataan bagi CPCL yang diharapkan pengembangan program tersebut akan tepat sasaran,” jelas Ida Safitri.

Lebih lanjut wanita berhijab ini menambahkan, terkait kondisi alam dan geografis juga akan menjadi perhatian pihaknya sebab untuk berhasilnya pengembangan program ini tentunya akan sangat dipengaruhi oleh kondisi alam.

“Namun kita semua tetap berharap, di tahun 2022 ini kondisi alam bisa mendukung sehingga pengembangan sektor pertanian bisa berjalan dengan sukses yang akan mampu memberikan dampak positif bagi kesejahteraan perekonomian masyarakat kita,” tukas Ida Safitri. (Ded/beritasampit.co.id)