Gubernur Kalteng Nilai DAS Barito Berpotensi Menjadi Provinsi Baru

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran. ANTARA/Muhammad Arif Hidayat

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menilai wilayah DAS Barito berpotensi menjadi provinsi baru terkait dengan keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur.

“Dengan berjalannya pembangunan IKN, mudah-mudahan DAS Barito ini bisa menjadi Barito Raya,” kata Sugianto saat puncak peringatan Hari Jadi Ke-65 Kalteng di Palangka Raya, Senin 23 Mei 2022.

Ia meyakini hal ini kelak akan menjadi inisiasi dari pemerintah pusat. Apalagi, dengan luasan yang begitu besarnya Kalteng cukup sulit bergerak cepat dalam pembangunan.

“Tidak usah dilarikan ke politik untuk pemekaran, tetapi betul-betul kebutuhan Kalteng yang sangat luas. Tentu saya selaku gubernur sangat menghormati, sangat menghargai para pendiri Kalteng, maupun leluhur kita. Akan tetapi, kita melihat kondisi Kalteng ini sangat luas,” katanya.

Bupati Barito Utara Nadalsyah. ANTARA/Muhammad Arif Hidayat

Senada dengan Gubernur, Bupati Barito Utara Nadalsyah menilai pemekaran provinsi untuk wilayah setempat akan memberikan pengaruh positif pada pembangunan di daerah.

“Mudah-mudahan Kalteng ke depannya bisa terbagi tiga, yakni barat, tengah, dan DAS Barito sehingga pembangunan bisa lebih merata,” katanya usai menghadiri puncak Hari Jadi Ke-65 Kalteng.

Menurut dia, seperti yang disampaikan Gubernur Sugianto Sabran, Kalteng ini luasnya satu setengah kali Pulau Jawa. Pembangunan di daerah ini agak sedikit terhambat karena luasnya wilayah yang ada di Kalteng.

Terkait dengan pemekaran provinsi di wilayah DAS Barito untuk Kalteng, menurut dia, masih kurang satu kabupaten karena saat ini hanya ada empat kabupaten, yakni Barito Utara, Barito Selatan, Barito Timur, dan Murung Raya.

“Untuk DAS Barito, kurang satu kabupaten. Apakah nanti ada pemekaran lagi untuk satu kabupaten baru atau bergabung dengan kabupaten yang ada di DAS Barito?” tanya pria yang akrab disapa Koyem ini.

ANTARA