Sekda Sukamara Harap Tercipta Menu Baru untuk Perbaikan Gizi

SOSIALISASI : ENN/BERITA SAMPIT - Sosialisasi dan advokasi perubahan perilaku dalam pencegahan stunting yang digelar di Aula Kantor Bupati, Selasa 24 Mei 2022.

SUKAMARA – Sekda Sukamara Rendy Lesmana mengharapkan terciptanya menu atau makanan baru berbahan dasar pangan lokal yang muncul dari para kader posyandu untuk mendukung program perubahan perilaku dalam pencegahan stunting.

“Harapannya saya ini juga sejalan dengan upaya kita dalam perbaikan gizi untuk balita kita agar dapat menurunkan angka prevelensi stunting di Kabupaten Sukamara,” kata Rendy Lesmana, usai membuka sosialisasi dan advokasi perubahan perilaku dalam pencegahan stunting di Aula Kantor Bupati, Selasa 24 Mei 2022.

Menurut Rendy, selain menciptakan menu baru dengan pangan lokal juga harus ada pendampingan keluarga yang nantinya dapat memberikan edukasi kepada keluarga langsung untuk dapat perbaikan gizi melalui Pemberian Makanan Tambahan lokal.

“Pendamping keluarga juga harus dilakukan secara masif selain peran posyandu juga harus digencarkan karena pencegahan stunting adalah peran seluruh stakeholder terkait,” jelas Rendy Lesmana.

Dalam kesempatan itu, Rendy menerangkan jik pemerintah juga perlu memberikan dukungan serta membuat strategi baru untuk pembangunan khususnya perbaikan gizi masyarakat.

“Selain itu perlu ada intervensi lebih lanjut agar persoalan gizi bisa dituntaskan, dengan begitu masyarakat Sukamara memiliki gizi baik dan jauh dari masalah gizi,” terang Rendy.

Rendy juga mengimbau pemerintahan tingkat kecamatan, Kelurahan dan desa untuk mendukung secara penuh penanggulangan dan pencegahan stunting dan masalah gizi lainnya serta pemanfaatan pangan lokal untuk PMT di posyandu atau skala rumah tangga di wilayah masing-masing. (enn/beritasampit.co.id).