Dewan Kalteng Imbau Masyarakat Hati-Hati Dampak Cuaca Ekstrim

Kantor DPRD Kalteng

PALANGKA RAYA – Anggota Komisi IV DPRD Kalteng Sugiyarto mengingatkan serta mengimbau agar masyarakat bisa berhati-hati akan dampak hujan lebat, khususnya di Kalimantan Tengah.

“Masyarakat diharapkan hati-hati berpergian disaat cuaca ekstrim. Sebab angin kencang serta kilat juga sangat berbahaya saat hujan lebat,” katanya melalui rilis yang diterima pada Kamis 26 Mei 2022.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan akibat cuaca ekstrem tersebut.

“Akibat hujan lebat akan ada banjir dadakan yang juga bisa menyebabkan tanah longsor serta genangan air menutupi lubang jalan dan berbahaya bagi pengendara motor roda dua,” pungkasnya.

Kata Dia, cuaca ekstrim juga adanya angin kencang yang bisa membuat pohon tumbang. Selain itu, di beberapa kawasan air sudah mulai naik ke bahu jalan.

“Diharapkan pihak instansi penanggulangan bencana agar selalu siap, kalau ada permintaan bantuan dari masyarakat. Baik petugas, armada dan logistik juga harus selalu siap, ketika sewaktu-waktu di perlukan,” lugasnya.

Sugiyarto mengingatkan, agar ketika terjadi genangan di jalan raya, semua pengendara kendaraan harus mengurangi kecepatan, jangan sampai terjadi kecelakaan.

“Dampak curah hujan tinggi ini harus diantisipasi. Pemerintah agar aktif menghimbau masyarakat. Pihak BPBD provinsi dan kabupaten juga harus memberikan peringatan dini bagi masyarakat agar berhati-hati sehingga tidak menjadi korban,” tandasnya. (Hardi/beritasampit.co.id).