Jamaah Haji Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin Akan Diberangkatkan 12 Juni

Acara pelepasan jamaah haji di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. (ANTARA/HO Kanwil Kemenag)

BANJARMASIN – Jamaah haji dalam kelompok terbang (kloter) 1 Embarkasi Banjarmasin yang meliputi jamaah dari Tabalong, Balangan, dan Banjar akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada 12 Juni 2022, kata pejabat Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan.

Menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan Dr. H Muhammad Tambrin di Banjarmasin, Rabu 25 Mei 2022, jamaah haji yang tahun ini diberangkatkan ke Arab Saudi melalui Embarkasi Banjarmasin meliputi 2.482 orang, yang terdiri atas 1.743 orang asal Kalimantan Selatan dan 739 orang asal Kalimantan Tengah.

“Ini terbagi pada tujuh kloter, empat kloter penuh dari Kalsel, dua kloter penuh dari Kalteng, dan satu kloter gabungan Kalsel dan Kalteng,” katanya.

Jamaah dalam kloter 1 meliputi warga asal Tabalong, Balangan, dan Banjar; jamaah dalam kloter 2 terdiri atas warga Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Banjar, dan Banjarbaru; dan kloter 3 meliputi jamaah haji dari Hulu Sungai Utara, Tapin, Barito Kuala, dan Banjarmasin.

Kloter 4 mencakup jamaah haji dari Tanah Laut, Kotabaru, Tanah Bumbu, dan Banjarmasin; kloter 5 dan kloter 6 meliputi jamaah dari Provinsi Kalimantan Tengah; serta kloter 7 meliputi jamaah dari Kalimantan Selatan (Banjar dan Banjarmasin) dan Kalimantan Tengah.

Tambrin mengatakan bahwa tujuh kloter jamaah asal Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah akan diberangkatkan dalam dua gelombang.

Jamaah dalam kloter 1 sampai 5 dijadwalkan berangkat pada gelombang pertama dan jamaah dalam kloter 6 dan 7 dijadwalkan berangkat pada gelombang kedua.

“Secara garis besar pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji dibagi menjadi dua gelombang. Jemaah haji gelombang pertama akan mendarat di bandara Madinah dan pemulangan melalui bandara Jeddah,” kata Tambrin.

“Jamaah yang diberangkatkan pada gelombang kedua akan mendarat di Jeddah dan dipulangkan melalui Madinah,” ia menambahkan.

Sesuai ketentuan dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, setiap kloter jamaah yang diberangkatkan melalui Embarkasi Banjarmasin beranggotakan 360 orang yang terdiri atas 356 orang calon haji dan empat orang petugas kloter (satu ketua kloter, satu pembimbing ibadah, dan dua petugas kesehatan).

Tambrin mengatakan bahwa pemerintah daerah sudah mempersiapkan pemberangkatan jamaah haji ke Arab Saudi.

“Kemenag Kalsel telah melakukan koordinasi melalui beberapa kali rapat dengan stakeholder (pemangku kepentingan), di antaranya PT Angkasa Pura, KKP, Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan, dan Alhamdulillah semuanya sudah melakukan persiapan sesuai bidangnya,” katanya.

ANTARA