Dewan Kalteng Imbau Masyarakat Jaga Kesehatan Hewan Peliharaan

IST/BERITA SAMPIT - Kantor DPRD Kalteng.

PALANGKA RAYA – Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Tengah Rizki Amelia Darwan Ali mengimbau kepada masyarakat menjaga kesehatan hewannya.

“Masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing, dan kucing, perlu menjaga kesehatan peliharaan dengan melaksanakan vaksinasi secara rutin setiap setahun sekali,” katanya melalui rilis yang diterima pada, Jumat 27 Mei 2022.

Dia juga mengatakan bahwa ada penyakit yang hanya menular ke sesama hewan, ada juga yang bisa menular ke manusia.

“Oleh karena itu, saya mengimbau agar masyarakat bisa memberikan vaksin secara rutin kepada hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, mengingat 2 hewan tersebut paling banyak dipelihara masyarakat,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Ketua DPRD Kalteng Hadiri Sidang Terbuka Senat UPR: Wisudawan Harus Mampu Berkontribusi di Tengah Masyarakat

Selain itu ia juga mengingatkan, agar masyarakat selalu waspada terhadap penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan, mengingat tidak menutup kemungkinan hewan peliharaan juga bisa tertular apabila kontak langsung dengan hewan yang sudah terinfeksi.

“Pada umumnya, penyakit yang biasa menulari hewan peliharaan adalah Rabies, Scabies, Jamur dan parasit seperti cacing dan kutu. Namun tidak menutup kemungkinan hewan peliharaan juga bisa tertular PMK apabila menjalin kontak langsung dan saya mengimbau agar masyarakat tetap waspada,” lugasnya.

BACA JUGA:   Penguatan Ketahanan Pangan Dapat Memberikan Dampak Positif

Kata Dia, vaksinasi menjadi salah satu upaya dalam pencegahan virus bagi hewan peliharaan, pasalnya hewan peliharaan seperti anjing dan kucing cukup rentan terhadap serangan virus, bahkan mampu menyebabkan kematian.

“Kalau mau memelihara hewan, artinya juga harus berkomitmen sekaligus bertanggung jawab atas hidup hewan tersebut. Sehingga wajib bagi masyarakat yang memelihara hewan untuk melakukan pemeriksaan serta memberikan vaksinasi secara rutin. Apalagi hewan tersebut merupakan hewan kesayangan,” tandasnya. (Hardi/beritasampit.co.id).