Jembatan di Barito Timur Ambruk Akibat Banjir

Jembatan di RT 01 Desa Haringen, Kecamatan Dusun Timur, Jumat (27/5/2022) ambruk. Jembatan itu menghubungkan warga ke lokasi perkebunan warga setempat. ANTARA/HO-BPBD Barito Timur

TAMIANG LAYANG – Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Timur (Bartim), Bertulumeus mengatakan jembatan penghubung ke perkebunan warga di RT 01 Desa Haringen, Kecamatan Dusun Timur, ambruk.

“Kita sudah melaporkan kondisi pascabanjir kepada pimpinan,” kata Bertulumeus di Tamiang Layang, Minggu 29 Mei 2022.

Jembatan tersebut terbuat dari kayu ulin. Diduga karena sudah tidak kokoh lagi akibat termakan usia, jembatan tersebut ambruk. Meski tidak hancur parah namun jembatan sudah tidak bisa dilewati lagi.

Menurutnya, Jumat 27 Mei 2022 lalu pihaknya sudah meninjau lokasi-lokasi terdampak banjir, serta menyampaikan bantuan ke beberapa desa diantaranya Desa Lebo Kecamatan Dusun Tengah, Desa Tampa Kecamatan Paku, dan Desa Magantis Kecamatan Dusun Timur.

BACA JUGA:   Petahana Banyak yang Tumbang, Berikut Nama-nama Caleg yang Berhasil Dapatkan Kursi DPRD Kalteng

BPBD Barito Timur merilis sebanyak 29 desa dan dua kelurahan terdampak banjir pada delapan Kecamatan yakni Kecamatan Dusun Timur, Kecamatan Paku, Kecamatan Pematang Karau, Kecamatan Awang, Kecamatan Raren Batuah, Kecamatan Karusen Janang, Kecamatan Dusun Tengah dan Patangkep Tutui.

Seluruh camat dan kepala desa diminta membuat laporan kondisi wilayah masing-masing pasca banjir.

Camat dan kepala desa juga diminta waspada jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi dan lama karena bisa menyebabkan debit air di Sungai Awang, Sungai Paku, Sungai Patangkep dan Sungai Karau meluap dan kembali menyebabkan banjir.

BACA JUGA:   KNPI Kabupaten Barito Timur Safari Ramadan di Tiga Kecamatan

“Walaupun secara umum air sudah surut, kita tetap siaga dan terus memantau perkembangan potensi terjadinya bencana baik banjir dan longsor,” kata Bertu.

Forcaster On Duty Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Palangka Raya, Ika Priti mengatakan Kabupaten Barito Timur masih berpotensi terjadi hujan.

“Pada hari ini, Minggu 29 Mei 2022 potensi turun hujan pada siang hingga sore,” kata Ika melalui pesan singkat.

Ika juga menyebutkan, untuk prakiraan besok Senin 30 Mei 2022 secara umum berawan. Namun pada lusa, Selasa 31 Mei 2022 potensi hujan pada dini hari hingga pagi.

ANTARA