Jamaah Haji Kalteng Akan Diberangkatkan melalui Embarkasi Banjarmasin mulai 18 Juni

Suasana rapat persiapan penyelenggaraan pelayanan ibadah haji di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin (30/5/2022). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

PALANGKA RAYA – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Noor Fahmi mengatakan jamaah haji asal Kalimantan Tengah (Kalteng) akan diberangkatkan ke Tanah Suci mulai 18 Juni 2022 melalui Embarkasi Banjarmasin di Kalimantan Selatan.

Seusai rapat persiapan penyelenggaraan pelayanan haji di Kota Palangka Raya, Senin 30 Mei 2022, Noor Fahmi mengatakan bahwa jamaah haji asal Kalimantan Tengah masuk dalam kelompok terbang lima, enam, dan tujuh Embarkasi Banjarmasin.

Menurut dia, jamaah dalam kelompok terbang (kloter) lima dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada 18 Juni 2022, jamaah dalam kloter enam dijadwalkan berangkat 19 Juni 2022, dan jamaah dalam kloter tujuh dijadwalkan berangkat 21 Juni 2022.

BACA JUGA:   Wagub Kalteng Tegaskan, Kolaborasi Jadi Penentu Keberhasilan Tambak Udang BERKAH Sukamara

Ia mengatakan bahwa tahun ini ada 752 orang yang terdiri atas 731 calon haji serta petugas haji dari Kalimantan Tengah yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci di Arab Saudi.

“Sepertinya hampir semua langsung ke Embarkasi Banjarmasin. Tapi tadi ada wacana dari Sukamara untuk transit di Palangka Raya. Namun, kalau memungkinkan akan langsung ke Banjarmasin,” katanya.

“Kami berpesan kepada jamaah untuk menjaga kondisi kesehatannya serta mendalami ilmu manasik haji,” ia menambahkan.

BACA JUGA:   Kunker di Kejari Seruyan, Kejati Kalteng Ingatkan Profesionalisme dalam Pelaksanaan Tugas

Sementara itu, Asisten I Sekretariat Daerah Kalimantan Tengah atma F Dirun mengatakan bahwa pemerintah kabupaten dan kota diharapkan mempersiapkan pemberangkatan jamaah haji dari daerah masing-masing ke Embarkasi Banjarmasin.

“Kepada kanwil dan jajaran agar membagi kloter JCH (jamaah calon haji) dengan memerhatikan jumlah kuota sehingga tidak terpisah sesama kabupaten dan kota,” katanya.

Selain itu, ia melanjutkan, para petugas haji sebaiknya memastikan semua anggota jamaah sudah memenuhi persyaratan perjalanan haji serta mempersiapkan penyelenggaraan pelayanan bagi jamaah haji.

ANTARA