Pancasila Selalu Relevan Bagi Indonesia dalam Menghadapi Tantangan dan Perkembangan

Ketua DPR RI Puan Maharani

JAKARTA Ketua DPR RI Puan Maharani mengucapkan selamat hari lahir Pancasila yang diperingati oleh seluruh masyarakat Indonesia pada 1 Juni.

“Selamat Hari Lahir Pancasila, aset terbesar yang dimiliki bangsa Indonesia yang kita cintai,” kata Puan, Rabu (1/6/2022).

Pancasila yang digagas oleh kakek Puan, Bung Karno, disepakati lahir pada 1 Juni 1945.

Saat itu, Soekarno berkesempatan menyampaikan gagasannya mengenai dasar negara di hadapan para anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI).

Dalam pidato itu, untuk pertama kalinya konsep dan rumusan awal Pancasila dikemukakan Soekarno sebagai dasar negara merdeka.

BACA JUGA:   Piala Presiden Bulu Tangkis Perdana Siap Digelar di GOR Nanggala

Di usia kelahiran Pancasila yang saat ini sudah memasuki 77 tahun, Puan menegaskan bahwa nilai-nilai dari Pancasila masih sangat relevan dan akan terus relevan dalam menghadapi berbagai tantangan kedepan.

“Karena dengan kekuatan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, Pancasila selalu relevan bagi bangsa dan rakyat Indonesia dalam menghadapi tantangan dan perkembangan serta ilmu pengetahuan,” kata Puan.

Puan menambahkan, Pancasila juga relevan sebagai the way of life dari keseluruhan kebijakan dalam bernegara sekaligus payung dan lentera penerang atas dinamika aspirasi rakyat.

BACA JUGA:   Pelapor Bamsoet di MKD DPR RI Minta Maaf dan Cabut Laporannya

Dengan nilai-nilai yang terkandung dalam lima sila Pancasila itulah, bangsa dan masyarakat terproteksi dari perpecahan meski penuh keragaman.

“Karena memang, sila-sila Pancasila merupakan nilai luhur yang oleh Bung Karno digali dari dalam bumi pertiwi ini, dari tradisi-tradisi masyarakat bangsa ini, yang kemudian ditemukan lah lima butir mutiara indah, yaitu Pancasila, dasar negara Indonesia,” kata Puan.

(dis/beritasampit.co.id)

(Visited 1 times, 1 visits today)