Pusat Oseanografi AL Akan Bahas Peningkatan Kapasitas Pada IHO CBSC

Komandan Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut​​​​​​​ (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat (kanan) bersama Direktur IHO RADM Luigi Sinapi (kiri) di pertemuan International Hydrographic Organisation (IHO) Capacity Building Sub-Committee (CBSC) ke-20 di Hotel Anvaya Beach Resort, Kuta, Bali, Rabu (1/6/2022). ANTARA/Putu Indah Savitri

JAKARTA – Komandan Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat mengatakan pihaknya akan membahas program peningkatan kapasitas SDM pada pertemuan International Hydrographic Organisation (IHO) Capacity Building Sub-Committee (CBSC) Ke-20 di Kuta, Bali.

“Pertemuan ini akan membahas banyak agenda penting, khususnya terkait program capacity building,” kata Nurhidayat dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu 1 Juni 2022.

Pembahasan peningkatan kemampuan pengetahuan dan keterampilan, sikap, dan perilaku SDM atau capacity building bertujuan untuk menyesuaikan program dengan Rencana Strategis IHO 2021-2026, E-Learning Project, Indikator Performa, serta Sistem Manajemen Capacity Building.

Berbagai hal tersebut tidak hanya untuk mendukung keselamatan navigasi dan pelayaran saja, namun juga memberikan kontribusi untuk kepentingan lainnya seperti mitigasi dan penanggulangan bencana.

BACA JUGA:   Lifting Migas Terus Menurun, Maman Golkar: PHE Belum Mampu Berkontribusi Terhadap Negara

Capacity Building Sub-Committee (CBSC) adalah salah satu komite di IHO yang memantau dan menilai secara terus-menerus dan berkesinambungan status survei hidrografi, pemetaan laut, dan informasi keselamatan maritim di seluruh dunia.

Selain itu, di dalam CBSC, Indonesia dapat membangun kerja sama khususnya terkait pendanaan dengan lembaga nasional dan organisasi internasional lainnya dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya hidrografi dalam bentuk penyediaan pendidikan dan pelatihan.

Pertemuan CBSC Ke-20 akan diselenggarakan selama 3 hari pada 1-3 Juni 2022. Pertemuan tersebut dipimpin oleh Chairman CBSC yaitu Mr. Evert Flier dari Norwegia dan Vice-Chairman CBSC yaitu Ms. Lucy Fieldhouse dari Inggris.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Direktur IHO RADM Luigi Sinapi (Italia), Secretariat CBSC Leonel Manteigas (Portugal), dan diikuti oleh 45 delegasi dari 24 negara, 2 sekretariat IHO, serta 2 dari pihak industri hidrografi dari seluruh dunia.

BACA JUGA:   Ramadan Tiba, Legislator Golkar Dorong Pemda Jaga Stabilitas Harga Pangan

Dalam sambutannya, Danpushidrosal juga menyampaikan ucapan terima kasih dan kehormatan bagi Pushidrosal sebagai salah satu anggota CBSC yang dipercaya sebagai tuan rumah dalam menyelenggarakan pertemuan CBSC ke-20.

Danpushidrosal yang merupakan Chief Hydrograper Indonesia berharap pertemuan CBSC ke-20 yang diselenggarakan di Bali sebagai bagian dari rangkaian beberapa pertemuan lainnya, sejalan dengan program pemerintah khususnya dalam pemulihan ekonomi setelah pandemi COVID-19.

Selanjutnya, ia berharap pertemuan secara tatap muka yang pertama kali ini dapat lebih efektif dan menyelesaikan semua agenda yang sudah direncanakan. (Antara/beritasampit.co.id).