46 CJH Katingan Siap Diberangkatkan ke Tanah Suci

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Katingan, Taufikurrahman. ANTARA/Fernando Rajagukguk

KASONGAN – Sebanyak 46 jamaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah siap diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah pada pekan ketiga Juni 2022.

“CJH Katingan yang berangkat ibadah haji tahun ini berjumlah 46 orang yang terdiri dari 23 orang laki-laki dan 23 perempuan. Usia calon haji tertua seorang perempuan berusia 64 tahun ,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Katingan, Khairil Anwar melalui Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, Taufikurrahman, Kamis 2 Juni 2022.

Keberangkatan CJH Katingan masuk dalam gelombang II kelompok terbang (kloter) enam. Ke-46 orang calon haji itu tergabung dalam rombongan 4 dan 5 bersama CJH dari Kapuas, Sukamara, Seruyan, Barito Timur, Pulang Pisau dan Murung Raya serta Barito Utara.

Dari jadwal yang disusun, 46 orang calon haji berkumpul di halaman kantor Kemenag Katingan pada Sabtu (18/6) pagi. Selanjutnya mereka diantar dengan bus menuju asrama Embarkasi Banjarmasin. Direncanakan tiba pada hari yang sama sekitar pukul 16 Wita.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Terima Bantuan Hewan Kurban 15 Ekor Sapi Dari Pemprov Kalteng

Sesampainya di lokasi, CJH sesuai jadwal akan bermalam satu malam. Tujuannya untuk memulihkan stamina dan mengecek kembali kesehatan masing-masing CJH serta perlengkapan yang dibawa. Kemudian keesokan harinya Minggu (19/6) sekitar pukul 15.55 Wita CJH akan berangkat menuju Tanah Suci Mekkah.

“Untuk membantu kelancaran kegiatan ibadah Haji selama di Tanah Suci akan didukung empat orang dari petugas kloter dan dua orang sebagai Petugas Haji Daerah (PHD),” ucapnya.

Dia menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan berbagai hal yang diperlukan semaksimal mungkin. Pihaknya juga mengecek kesehatan para CJH dan melakukan pemeriksaan ulang untuk memastikan terpenuhinya persyaratan dan kelengkapannya sehingga tidak ada hambatan pada saat keberangkatan.

BACA JUGA:   Seorang Pria Paruh Baya di Katingan Ditemukan Tewas Gantung Diri

CJH diharapkan untuk mempersiapkan diri mulai saat ini, baik fisik, mental maupun rohani. Membersihkan hati, terlebih memperdalam ilmu agama serta memantapkan niat dalam ibadah.

Dia mengatakan, pihaknya telah melaksanakan kegiatan bimbingan manasik CJH tingkat Kabupaten Katingan, Selasa (31/5) kemarin. Melalui bimbingan manasik ini diharapkan CJH dapat memahami beberapa materi berupa hukum-hukum serta tatacara dalam ibadah haji sampai dengan panduan perjalanan.

“Semoga semuanya berjalan lancar dan sukses, CJH dan tim tiba dengan sehat selamat di tujuan. Semoga saat di tanah suci Mekkah dapat menjalankan ibadah dengan lancar, sehat dan mendapat haji mabrur,” demikian Taufikurrahman.

ANTARA

(Visited 1 times, 1 visits today)