Ini yang Disampaikan Sapriansyah Dirut Perumdam Tirta Arut Untuk Masyarakat Kotawaringin Barat

Sapriansyah, Dirut Perumdam Tirta Arut Kabupaten Kobar.

PANGKALAN BUN – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Arut Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pelanggannya di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

“Keramahtamahan itu salah satu kiat khusus kami untuk memanjakan masyarakat pelanggan di Kabupaten Kobar,” kata Dirut Perumdam Tirta Arut Sapriansyah, Kamis 2 Juni 2022.

Setiap pengunjung yang berurusan di kantor Perumdam Tirta Arut Pangkalan Bun selalu disambut ramah. Berharap agar pelanggannya setia menggunakan air bersih yang ditawarkan Perumdam Tirta Arut.

“Pelayanan yang baik yang diberikan tentu akan berdampak positif, karena pelayanan yang sangat diharapkan oleh siapapun, termasuk oleh seluruh pelanggan kami. Seiring dengan meningkatkan pelayanan yang baik Perumdam Tirta Arut telah menetapkan standar yang didukung dengan sarana dan prasarana yang ada sehingga kepuasan pelanggan dapat terpenuhi,” ujar Sapriansyah.

Dia menambahkan, Perumdam Tirta Arut telah menggunakan kriteria untuk membentuk ciri-ciri pelayanan yang baik dan tentunya didorong oleh beberapa faktor pendukung yang berpengaruh langsung terhadap mutu pelayanan yang diberikan kepada semua konsumen.

Pertama adalah faktor manusia yang memberikan pelayanan tersebut. Sebab manusia (costumer service) yang melayani pelanggan harus memiliki kemampuan melayani pelanggan secara prima, tepat dan cepat.

Disamping itu, costumer service harus memiliki kemampuan dalam berkomunikasi, sopan santun, ramah, dan bertanggung jawab penuh terhadap nasabahnya.

“Costumer service juga harus mampu memikat dan mengambil hati pelanggan sehingga pelanggan tertarik. Demikian juga dengan cara kerja karyawan yang rapih, cepat dan cekatan,” imbuh Sapriansyah.

Dijelaskannya, dalam melayani pelanggan, costumer service harus melakukannya sesuai prosedur layanan yang ditetapkan Perumdam Tirta Arut. Layanan yang diberikan harus sesuai jadwal dan tidak membuat kesalahan. Dan melayani secara cepat artinya melayani dalam batasan waktu yang normal.

Kedua adalah faktor tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung kecepatan, ketepatan dan keakuratan pekerjaan. Karena kepuasan pelanggan merupakan faktor utama yang diprioritaskan Perumdam Tirta Arut dalam menilai kualitas pelayanan, dimana pelanggan menilai kinerja pelayanan yang diterima dan yang dirasakan langsung dari kepuasan pelanggan terhadap sikap karyawan Perumdam Tirta Arut dalam melayani pelanggannya.

Semakin tinggi pelayanan yang dirasakan akan semakin tinggi pula tingkat kepuasan pelanggan. Selanjutnya akan berdampak positif pada perilaku ataupun niat seseorang dalam menyikapi pelayanan di Perumdam Tirta Arut.

Seperti yang diketahui bersama, konsumen selalu menilai suatu layanan yang diterima dibandingkan dengan apa yang diharapkan atau diinginkan. Namun kepuasan konsumen juga harus disertai dengan loyalitas konsumen, kepuasannya berkaitan dengan apa yang diungkapkan oleh konsumen tentang kenyamanan dan harapannya terhadap layanan yang diperoleh.

“Dengan tingkat kepuasan masyarakat tersebut, maka Perumdam Tirta Arut terus berusaha untuk menarik masyarakat agar menggunakan fasilitas air bersih yang ditawarkan oleh Perumdam dan berkurangnya pengaduan konsumen,” ungkap Sapriansyah.

Seraya menambahkan, dengan telah terbentuknya pelayanan yang lebih baik dan prima, Perumdam Tirta Arut secara berturut-turut beberapa tahun ini, telah banyak meraih Prestasi dari Pemerintah Pusat di Jakarta. (Man/beritasampit.co.id).