Dua Orang Disengat, Damkar Musnahkan Sarang Tawon Vespa

ISKANDAR/BERITA SAMPIT: Petugas Damkar saat menunjukan sarang tawon Vespa usai dibakar, Kamis 2 Juni 2022, malam.

MUARA TEWEH – Tim Damkar melakukan evakuasi sarang Tawon Vespa di sekitaran GOR taman terbuka hijau Sanggar Kelompok Belajar (SKB) jalan Pramuka, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, Kamis 2 Juni 2022 sekitar pukul 19.40 WIB.

Kasatpol PP dan Damkar Kabupaten Barito Utara melalui Kabid Damkar dan Linmas Tri Indra Hartono mengatakan bahwa ada laporan dari masyarakat tentang keberadaan sarang tawon Vespa yang menyengat warga.

“Kami dari tim Damkar mendapat laporan dari warga sekitar TKP bahwa ada tawon jenis Vespa yang menyerang anak-anak, kebetulan korbannya dua orang dan mereka minta agar tawon ini segera di evakuasi,” ujar Tri.

BACA JUGA:   Bupati Barut Lepas 3 Orang Ikut Tim Paduan Suara di Istana Negara

Menggunakan baju pelindung petugas Damkar mulai memusnahkan sarang tawon berukuran besar itu dengan cara dibakar, pemusnahan pun dilakukan malam hari guna mengurangi resiko serangan dari tawon.

“Ukurannya diperkirakan 2 kali bola basket, karena sudah ada korban dan meresahkan dilakukan evakuasi, untuk diketahui lokasinya ini di taman SKB atau ruang terbuka hijau,” katanya.

Sekitar 40 menit kemudian sarang tawon Vespa itu segera dapat dimusnahkan dengan mempertimbangkan keselamatan petugas dan warga sekitar.

“Untuk umur sarang tawon kurang lebih sekitar 5 bulan sudah bersarang. Alhamdulillah malam ini bisa dievakuasi sehingga mudah-mudahan nanti tidak meresahkan lagi,” jelas Tri.

BACA JUGA:   Api Lalap 3 Rumah di Muara Teweh 

Keberadaan sarang tawon Vespa yang bersarang di ranting pohon cemara itu, juga terdapat ribuan telur tawon yang siap menetas, evakuasi berjalan aman dan lancar.

“Kegiatan evakuasi ini berjalan lancar tanpa hambatan, kepada masyarakat yang sifatnya kedaruratan yang melakukan bantuan tim Damkar. Kami siap membantu menyelesaikan persoalan-persoalan yang dianggap genting,” pungkasnya.

(ISK/beritasampit.co.id)

(Visited 3 times, 1 visits today)