Komisi I DPRD Barsel Gelar RDP Bahas Pilkades dan Bansos

DEDDY/BERITA SAMPIT - Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Barsel Jarliansyah.

BUNTOK – Komisi I DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) setempat guna membahas Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Kades) termasuk data Bantuan Sosial (Bansos).

RDP tersebut juga dihadiri oleh Bank Mandiri serta Kantor Pos Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Jumat 3 Juni 2022 di ruang rapat gabungan Komisi DPRD Kabupaten Barsel.

Ketua Komisi I DPRD Barsel Jarliansyah usai kegiatan RDP tersebut mengatakan, dalam pembahasan RDP tadi sudah dipaparkan bersama bahwa sudah jelas data penerima Bansos memang tidak sesuai dengan fakta di lapangan.

“Oleh karena itu, kita meminta kepada DSMPD setempat untuk segera membentuk tim yang bisa terjun langsung ke lapangan guna mendata secara door to door, sehingga penerima bantuan memang benar-benar layak menerima,” katanya.

Selanjutnya, kata Jarliansyah, Dinas Sosial juga sudah menyurati pihak Kementerian Sosial (Kemensos) terkait data penerima bantuan, dan setelah ada balasan dari pihak Kemensos maka DPRD Barsel mendampingi pihak Dinsos untuk melakukan pendataan, kemutahiran-kemutahiran data yang disampaikan di lapangan. Pasalnya sebelum ini data-data yang telah disampaikan ke pusat tersebut kembalinya masih tetap data yang dulu saja.

“Sehingga hal tersebut pun akan menjadi percuma saja kalau tidak secara langsung disampaikan,” ujarnya.

Oleh itu, lanjut politisi PDI-P Kabupaten Barsel ini, Komisi I DPRD Kabupaten Barsel akan tetap turun ke lapangan untuk mendampingi pihak Dinsos terkait perbaikan-perbaikan data penerima Bansos nantinya.

“Komisi I DPRD Kabupaten Barsel tetap turun ke lapangan untuk mendampingi pihak Dinsos terkait perbaikan-perbaikan data penerima Bansos nantinya, sehingga pada waktu penyaluran Bansos akan benar-benar tepat sasaran,” tandas Jarliansyah. (Ded/beritasampit.co.id).