Pentingnya Menanamkan Nilai Pancasila Sejak Dini

IST/BERITA SAMPIT - Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Riskon Fabiansyah.

SAMPIT – Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Riskon Fabiansyah menekankan pentingnya menanamkan nilai Pancasila sejak dini kepada anak dalam upaya membekali mereka dalam kehidupan sehari-sehari

“Nilai-nilai Pancasila harus ditanamkan sejak dini , terutama di satua PAUD dan SD agar tidak tercerabut dari sejarah bangsanya,” ujar Riskon, 3 Juni 2022.

Ia menambahkan bahwa penanaman nilai-nilai Pancasila harus disertai dengan kegiatan nyata yang berkaitan dengan semangat dan prinsip yang diamanatkan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

BACA JUGA:   Bangunan Mal Lingkar Utara Sampit Disetop, Dewan: Harusnya Bangunan Baru Dicek PBG-nya

“Jika ditanamkan sejak dini akan tumbuh nilai-nilai Pancasila yang lebih kental. Bila perlu kurikulum mengenai Pancasila harus diperbanyak dalam bentuk-bentuk kegiatan sosial yang menanamkan nilai luhur yang terkandung di setiap butir Pancasila,” kata Politikus Partai Golkar itu.

Menurutnya Guru dan Orang tua menjadi yang terdepan dalam mengenalkan dan memberikan contoh dalam menerapkan butir-butir pancasila salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengenalkan keberagaman suku dan budaya yang ada di Indonesia kepada anak.

BACA JUGA:   IPMK Palangka Raya Ajukan Dana Hibah, Ketua Komisi I DPRD Kotim: Kami Akan Bantu

“Guru dan orang tua harus dapat menjadi contoh bagi anak-anak mereka, dengan menghormati dan menghargai orang lain yang berbeda suku dan budaya,” ucapnya lagi.

Akan tetapi ia mengakui sebagian masyarakat masih kurang memahami makna-makna yang terkandung di dalam Pancasila sehingga menimbulkan carut marut akibat kepentingan beberapa kelompok.

“Dengan momentum Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni, seharusnya mengingatkan kembali bagaimana orang itu berketuhanan, berkemanusiaan, bergotong royong, bermusyawarah, dan berkeadilan sosial,” kata Riskon Fabiansyah.

(Aib/beritasampit.co.id)