Kemkominfo Dorong Anak Muda Ambil Peran Dalam Transformasi Digital

Screenshot video pernyataan Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dedy Permadi mengenai dugaan pelanggaran data pribadi, di Jakarta, Jumat (22/04/2022). (ANTARA/Kominfo)

JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mendorong generasi muda yang lahir di tengah ekosistem digital untuk dapat mengambil peran penting dalam pelembagaan transformasi digital di Asia Tenggara.

“Kaum muda yang akan menentukan apakah jargon ASEAN yakni ‘ASEAN, a digitally connected community’ dapat terwujud pada tahun 2025 nanti dan seterusnya,” ujar Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Digital dan Sumber Daya Manusia Dedy Permadi saat memberikan sambutan dalam Konferensi Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara – Universitas Gadjah Mada (UGM ASEAN Conference) 2022 secara virtual, Sabtu 4 Juni 2022.

Dedy menyampaikan, laporan SEAN Digital Generation Report 2021 yang dirilis World Economic Forum dan Sea Ltd menunjukkan bahwa kaum muda berperan penting dalam pengembangan keterampilan digital selama pandemi COVID-19.

BACA JUGA:   Anggota Komisi VII DPR Mukhtarudin Dukung Insentif Mobil Hybrid

Berdasarkan data tersebut, 36 persen responden mengaku bahwa sebagian besar keterampilan digital yang mereka miliki diajarkan oleh anak-anak muda yang berusia 16 hingga 35 tahun.

Oleh karena itu, Dedy mengatakan, anak muda perlu mempertahankan status keahlian dan meningkatkan keterampilan mereka untuk bisa menjadi bagian penting dalam transformasi digital.

Dedy melanjutkan, Kemkominfo sendiri terus mendorong peningkatan keterampilan digital kaum muda lewat program pengembangan talenta digital pada tiga level keterampilan. Pertama, Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi yang menyasar keterampilan digital dasar. Kedua, Digital Talent Scholarship (DTS), dan ketiga, Digital Leadership Academy (DLA) untuk tingkat lanjutan.

BACA JUGA:   Mukhtarudin Dorong Percepatan Pengembangan Kendaraan Listrik di Tanah Air

Dia mengatakan bahwa untuk program DLA, Kemkominfo bekerja sama dengan universitas terkemuka dunia yang menyasar para anak muda yang menduduki posisi strategis pengambil keputusan.

“Saya yakin bahwa program tersebut dapat menjadi tolok ukur serta inspirasi bagi negara lain, untuk membina talenta digital yang dapat mengoptimalkan transformasi digital di Indonesia,” ujar Dedy. (Antara/beritasampit.co.id).