DPRD Kalteng Akan Lakukan RDP terkait Jalan Adonis Samad-Bandara Tjilik Riwut

Sekretaris Komisi IV DPRD Kalimantan Tengah Tomy Irawan Diran di Palangka Raya, Senin (6/6/2022). ANTARA/Jaya W Manurung.

PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kalimantan Tengah Tomy Irawan Diran mengatakan akan melakukan rapat dengar pendapat dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) provinsi setempat terkait peningkatan Jalan Adonis Samad Palangka Raya menuju Bandara Tjilik Riwut.

“Kami sampai saat ini kurang mengetahui pihak mana yang berwenang dalam menangani dan meningkatkan ruas Jalan Adonis Samad menuju Bandara Tjilik Riwut,” kata Tomy di Palangka Raya, Senin 6 Juni 2022.

Menurut dia, apabila melihat lokasinya, penanganan Jalan Adonis Samad bukan bisa saja dilakukan oleh PUPR Kalteng, Kementerian PUPR ataupun pihak Bandara Tjilik Riwut. Sebab, Jalan Adonis Samad itu, merupakan jalan utama bahkan satu-satunya menuju Bandara Tjilik Riwut.

BACA JUGA:   Peran Aktif Pemda Mengoptimalkan Potensi Daerah Sangat Penting

Sekarang ini, kondisi Jalan Adonis Samad dikeluhkan masyarakat karena kurang nyaman dilalui. Sementara, jalan itu baru saja ditangani, tetapi justru kondisinya menjadi lebih tidak nyaman dilalui.

“Itulah kenapa kami berencana mengadakan RDP dengan Dinas PUPR Kalteng. Kami ingin ada kejelasan,” ucap Tomy Sekretaris Komisi IV bidang pembangunan infrastruktur itu.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan IV meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau itu mengatakan, dirinya sering melintasi Jalan Adonis Samad, baik menggunakan mobil maupun sepeda, sehingga bisa bisa merasakan perbedaan antara sebelum dan sesudah perbaikan.

Dia mengatakan, jika terjadi perbaikan dan peningkatan jalan, seharusnya menjadi lebih nyaman, namun kondisinya justru sebaliknya. Ditambah lagi, dalam perbaikan itu, tidak terlihat ada plang proyek.

BACA JUGA:   Dewan Kalteng Dorong Pemerintah Memenuhi Tanggung Jawab Menyediakan Hak Dasar Masyarakat

“Jadi, kami benar-benar kurang paham terkait Jalan Adonis Samad ini. Makanya kami perlu mengadakan RDP dengan Dinas PUPR Kalteng,” kata Tomy.

Menurut Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu, Jalan Adonis Samad merupakan pintu masuk kalangan penjabat, baik itu Presiden, menteri serta pejabat lainnya yang akan ke Kalteng, khususnya Palangka Raya, apabila menggunakan pesawat terbang.

“Kondisi jalannya harus baik dan nyaman dilalui. Kami dari Komisi IV DPRD Kalteng yang membidangi infrastruktur tentunya perlu memberikan perhatian, agar dapat ditangani lebih baik lagi,” demikian Tomy.

ANTARA