DPRD Kalteng Dorong Pemda Mencanangkan Pola Pertanian Sistematis

IST/BERITA SAMPIT – Dokumkentasi Gedung DPRD Kalteng

PALANGKA RAYA – Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Sudarsono mendorong Pemda di Provinsi Kalteng melalui penyuluh pertanian di instansi terkait, agar dapat memberikan edukasi kepada para petani lahan gambut.

Ia mengatakan, edukasi yang dapat diberikan yakni mengenai cara perhitungan terhadap pengelolaan lahan pertanian yang diolah untuk meminimalisir kerugian dan agar bisa mendapat keuntungan.

“Karena pada dasarnya masih banyak petani terutama di lahan gambut yang belum mengetahui cara menghitung dan mengkalkulasi hasil pertaniannya khususnya di Kalteng, jadi ini perlu di edukasi,” katanya melalui rilis yang diterima pada Rabu 8 Juni 2022.

Dia menambahkan, seperti pada saat ia menjabat sebagai Bupati Seruyan beberapa tahun lalu. Saat itu dirinya meminta kepada penyuluh pertanian selain memberikan penyuluhan, para petani juga diajarkan cara menghitung dan mengkalkulasi hasil pertaniannya.

“Hal itu berkenaan dengan penghitungan berapa besaran tenaga, waktu dan modal yang harus keluar dalam satu kali panen. Contohnya dalam 1 hektare itu seorang petani dilatih untuk mengkalkulasi berapa modal yang dikeluarkan dan berapa yang ia dapat pada saat panen,” pungkasnya.

Dijelaskan, apabila modal awal yang dikeluarkan lebih kecil dari keuntungan, pada saat panen maka usaha itu dapat diteruskan dan ditekuni, terlebih apabila produksinya dapat ditingkatkan. Namun, jika sebaliknya maka usaha tersebut tidak perlu dilanjutkan karena tidak menguntungkan.

Selain itu, Sudarsono juga meminta kepada Pemda melalui Dinas Pertanian agar dapat mencanangkan pola pertanian sistematis, terstruktur dan berkesinambungan dengan cara melakukan penyuluhan, pembinaan, pendampingan dan pemberdayaan pada kelompok tani.

“Upaya pemerintah daerah untuk memberikan dukungan kepada para petani itu tidak kalah penting, dengan disertai edukasi, sehingga para petani dapat terus mengelola lahan pertaniannya dengan semangat yang positif,” tandasnya. (Hardi/beritasampit.co.id).