Hendra Ekaputra Apresiasi Karya Warga Binaan Rutan Buntok

DEDDY/BERITA SAMPIT : Kakanwil Kemenkumham Provinsi Kalteng Hendra Ekaputra beserta rombongan, mencicipi kerupuk ikan hasil olahan warga binaan rutan kelas II Buntok.

BUNTOK – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Hendra Ekaputra, apresiasi berbagai kerajinan tangan warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelasa II Buntok Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Rabu 8 Juni 2022.

Kakanwil Kemenkumham Provinsi Kalteng Hendra Ekaputra kepada awak media mengatakan, tujuan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Rutan Kela II Buntok ini dalam rangka melihat perkembangan pembinaan terhadap warga binaan yang ada di rutan ini.

“Ternyata hasil pembinaan pihak rutan kelas II Buntok ini sangat memuaskan dan saya turut berbangga hati dengan adanya berbagai hasil kerajinan tangan dari warga binaan rutan Buntok ini. Adapun hasil kerajinan tangan tersebut diantaranya berbagai peralatan dapur yang terbuat dari bahan anyaman rotan, hiasan bunga yang terbuat dari bahan bekas dan jajanan makanan ringan seperti kerupuk ikan dalam kemasan yang siap edar dan jual,” katanya.

BACA JUGA:   Kecelakaan Maut di Desa Bipak Kali, Dua Pengendara Motor Tewas

Menurutnya, kerupuk ikan yang dibuat oleh warga binaan rutan buntok ini rasanya pun juga sangat renyah dan enak, bahkan dirasa akan mampu dipasarkan bukan hanya untuk lokal saja bahkan bisa dipasarkan di seluruh Indonesia hingga ke luar negeri.

“Oleh karena itu nantinya, produk kerupuk ikan ini melalui Instansi terkait bisa dibuatkan untuk merk produknya dan saya yakin dapat dipasarkan ke luar daerah hingga ke luar negeri karena rasanya renyah sekali bahkan enak,” jelas Hendra Ekaputra.

Pada kesempatan tersebut, Kakanwil Kemenkumham Provinsi Kalteng beserta rombongan juga sangat terpukau saat menyaksikan penampilan grup band warga binaan rutan kelas II Buntok yang tampil dengan apik.

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

“Keberhasilan semua ini, tidak lepas dari kerja keras Plt Kepala Rutan Buntok beserta seluruh jajarannya penampilan grub bandnya mantap dan nanti bisa diajak untuk tampil di Kanwil Provinsi Kalteng jika ada tamu kita dari Jakarta,” terang Hendra Ekaputra.

Sementara itu Plt Kepala Rutan Buntok Edi Cahyono mengucapkan terima kasih atas kunker Kakanwil Kemenkumham Provinsi Kalteng berserta rombongan.

“Tentunya ini merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi kami, serta juga merupakan support, bagi kami agar semakin meningkatkan lagi pembinaan-pembinaan bagi warga binaan  di rutan kelas II Buntok ini,” pungkas Edi Cahyono. (Ded/beritasampit.co.id)