BPJS Kesehatan Sampit dan FKTP Mitra Dorong Peserta Lakukan Skrining Kesehatan

IST/BERITASAMPIT- Tim BPJS Kesehatan saat memeriksa alat Skrining kesehatan.

SAMPIT – BPJS Kesehatan Cabang Sampit bersama Fasilitas Kesehatan (Faskes), Tingkat Pertama (FKTP) terus mendorong peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk melakukan skrining riwayat kesehatan melalui Aplikai Mobile JKN.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Sampit, Aditya Darmasurya. Menurutnya skrining riwayat kesehatan sangat penting dilakukan untuk mengetahui seberapa besar risiko yang diderita oleh peserta Program JKN terhadap penyakit.

Ia menjelaskan dengan skrining yang dilakukan, peserta bisa mengetahui potensi adanya risiko penyakit seperti Diabetes Miletus tipe 2, Hypertensi, Jantung Koroner dan Gagal Ginjal Kronis. Ia mengatakan, dengan mengetahui sedini mungkin risikonya maka pengobatan dan pencegahannya juga bisa dilakukan sehingga peserta tidak mengalami komplikasi yang dapat membahayakan kesehatan peserta.

BACA JUGA:   RSUD dr Murjani Sampit Belum Terima Pasien Caleg Terapi Kejiwaan Pasca Pemilu

“Kita bersama FKTP menggaungkan program skrining kesehatan agar kesehatan peserta Program JKN tetap stabil. Apabila dari hasil skrining ada yang mengarah ke empat penyakit tersebut, agar bisa segera ditangani lebih baik dengan mengunjungi fasilitas kesehatan lanjutan,” ungkap Aditya, Selasa 14 Juni 20202.

 

Dirinya mengungkapkan, apabila setelakukan skrining diketahui peserta memiliki risiko penyakit tersebut, dirinya mengungkapkan peserta bisa bergabung ke dalam program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) BPJS Kesehatan, sehingga Peserta JKN akan tetap mendapatkan kesehatan yang lebih baik dan dapat menikmati taraf hidup yang lebih sehat.

“Skrining tersebut terintegrasi dengan aplikasi P-Care FKTP BPJS Kesehatan sehingga sangat mempermudah FKTP dalam melakukan skrining terhadap Peserta JKN, karena begitu akan melakukan pengentrian data akan muncul menu skrining kesehatan. Selain itu, skrining kesehatan juga dapat dilakukan oleh peserta JKN secara mandiri melalui Aplikasi Mobile JKN,” tambah Aditya.

BACA JUGA:   Jasad Bayi yang Baru Dilahirkan Mengapung di Kawasan Pelabuhan Sungai Mentaya Sampit

Sementara itu, Petugas entri P-Care FKTP Puskesmas Baamang II, Fadel juga menyambut baik kegiatan yang dilakukan dan berkomitmen untuk berkolaborasi melakukan skrining kesehatan kepada semua peserta Program JKN yang akan mendapatkan layanan kesehatan di Puskesmas Baamang II.

“Kita akan selalu mendukung program yang dibuat untuk meningkatkan kepuasan layanan kepada peserta Program JKN. Sebagai FKTP, kerja sama tentunya kami akan selalu mendukung program-program yang dilakukan agar dapat bersama-sama meningkatkan kepuasan layanan peserta terhadap kesehatan,” jelas Fadel.

(im/adv/beritasampit.co.id).