Puskesmas Ketapang 2 Sampit Laksanakan Kegiatan BIAN di 40 Sekolah

BIAN: IBRAHIM JM/BERITA SAMPIT - Petugas kesehatan dari Puskesmas Ketapang 2 saat memberikan suntikan vaksin Campak dan Rubella pada anak TK Islam Terpadu Ar Rayyan.

SAMPIT – Puskesmas Ketapang 2 Sampit malaksanakan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) ke 40 sekolah tingkat PAUD dan SD yang ada di Kecamatan MB Ketapang, Kotawaringin Timur (Kotim)

Pelaksanaan BIAN ini dilaksanakan mulai akhir bulan mei sampai dengan pertengahan juni 2022 ini dalam rangka melindungi anak indonesia dari penyakit yang dapat di cegah dengan imunisasi.

“Sesuai Jadwal ada 40 Sekolah tingkat TK dan SD yang dikunjungi langsung oleh petugas kesehatan dari puskesmas dan anak balita akan dilakukan di posyandu” kata Kepala Puskesmas Ketapang 2 Setyo Purwanto, Selasa 14 Juni 2022.

BACA JUGA:   Dewan Kotim Sarankan Simpang Sebabi Menjadi Kelurahan

Ia menambahkan karna ada berbaik bentuk penyakit yang melanda akhir-akhir ini terutama covid 19 sehingga memicu berbagai penyakit yang mudah menimpah anak-anak.

“Tujuan utamanya adalah meningkat layanan cakupan vaksinasi terhadap anak-anak usia 9 bulan sampai 12 tahun,” lanjutnya

Pada Rabu 13 Juni 2022 kemari petugas dari Puskesmas Ketapang 2 melaksanakan kegiatan BIAN di TK Islam Terpadu Ar Rayyan Sampit. BIAN kali ini melaksanakan Imunisasi untuk anak TK untuk mendapatkan vaksin campak dan rubella.

BACA JUGA:   Beasiswa Gerbang Mentaya Tuai Kritik Keras dari Kalangan Mahasiswa

“Untuk melindungi anak dari penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan Imunisasi, seperti Campak dan Rubella,” ujar Anwar, A.md.kep salah satu petugas kesehatan dari Puskesmas.

Penyakit campak dan Rubella adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus, yang mudah menular. Penularan melalui saluran napas melalui butiran liur di udara yang keluar pada saat penderita batuk dan bersin. Penyajian ruukit campak atau yang dikenal dengan Mobilio atau Measles memiliki gejala demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit. (Aib/beritasampit.co.id).