Pemkab Katingan Bakal Gelar Festival Budaya Penyang Hinje Simpei Dan Pekan Olahraga

ANNAS/BERITASAPIT - Bupati Katingan, Sakariyas

KASONGAN – Pada bulan Juli tahun 2022 pemerintah daerah bakal melaksanakan kegiatan Festival Budaya Penyang Hinje Simpei se-Kabupaten Katingan.

Festival budaya tersebut nantinya memperlombakan cabang karungut, lagu daerah, tari daerah pedalaman dan lomba mangaruhi atau Maloto. Selain itu, perlombaan Lomba Besei Kambe, Balogo, Manyipet dan Pencak silat membuka Lawang Sakepeng.

Bupati Katingan Sakariyas, mengatakan pelaksanaan Festival Budaya adalah sebagai wujud kepedulian Pemerintah daerah terhadap seni dan budaya Dayak, yang menjadi agenda tetap yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Oleh sebab itulah, dengan adanya kegiatan ini akan menjadikan nilai kekayaan dan keragaman budaya daerah khususnya budaya Kabupaten Katingan dapat dilestarikan dalam rangka memperkaya nilai historis budaya dayak yang cendrung semakin menurun dan kurang dikenal oleh para generasi muda di masa kini dan di masa yang akan datang.

BACA JUGA:   Jelang Buka Puasa, Pj Bupati Katingan Blusukan ke Pasar Ramadan

“Pada saat ini, kita masih dalam pelaksanaan kegiatan rapat-rapat terkait Festival Budaya Penyang Hinje Simpei pada bulan Juli 2022 nanti. Setelah pelaksanaan ini, kemudian akan ada lagi kegiatan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Katingan,” jelas Bupati Sakariyas, Rabu 15 Juni 2022.

Semua kegiatan ini program kegiatan ini menurutnya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Katingan  ke-20 dan dirangkai dengan perayaan HUT Republik Indonesia Ke-76.

BACA JUGA:   Program Jaminan Sosial Bagi Penyelenggara Pemilu, Kesbangpol Katingan dan BPJS Teken Perjanjian Kerjasama

“Kita ketahui bahwa selama ini kita tersandera atau belum bisa melaksanakan kegiatan yang mengundang orang banyak selama 2,5 tahun mulai dari tahun 2020 sampai 2022. Kemudian baru beberapa bulan ini mulai berjalan normal,  dan kita berdoa saja agar tidak ada lagi yang namanya pandemi covid-covid atau virus yang lain,” ungkap atlet cabang olahraga Bulu Tangkis ini.

Mantan Pimpinan Bank Kalteng Cabang Kasongan ini menambahkan,  Semboyan Kabupaten Katingan yang dikenal dengan kata “Penyang Hinje Simpei” (bahasa Ngaju) adalah memiliki arti yaitu Hidup Rukun dan Damai untuk Kesejahteraan Bersama.

(Annas/beritasampit.co.id)