Perupa di Kalteng Didorong untuk Beriinovasi dengan Menggelar Pameran Virtual

Dokumentasi - Pameran karya para perupa di Kalteng dalam agenda "Borneo dalam Drawing" di Palangka Raya belum lama ini. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

PALANGKA RAYA – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalimantan Tengah mendorong agar para perupa di daerah setempat terus berinovasi, di antaranya dengan menggelar pameran seni rupa secara virtual.

“Saya berharap agar pameran oleh para perupa tidak hanya dilakukan secara langsung, tetapi ke depan bisa membuat terobosan berupa pameran virtual,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng Adiah Chandra Sari di Palangka Raya, Rabu 15 Juni 2022.

Dengan memanfaatkan digitalisasi yakni menggelar pameran secara virtual, maka hasil karya para perupa di Kalteng tidak hanya bisa dinikmati oleh masyarakat yang berkunjung secara langsung, namun juga mereka yang berada di luar daerah.

Memanfaatkan berbagai media digital yang tersedia saat ini, apabila pameran secara virtual bisa terselenggara, masyarakat luar Kalteng pun tentu akan bisa mengaksesnya serta turut menikmati karya dari para perupa.

“Terobosan-terobosan seperti ini diperlukan dan kami siap mendukung. Apalagi karya-karya perupa di Kalteng ini sungguh luar biasa,” terangnya.

Adapun belum lama ini, pameran karya para perupa Kalteng yang baru saja selesai dilaksanakan adalah ‘Borneo dalam Drawing’ 2022 yang digelar di gedung pameran UPT Taman Budaya Kota Palangka Raya.

Kegiatan ini mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat dan banyak dari pengunjung berharap, pameran hasil karya perupa di Kalteng bisa lebih sering dilaksanakan.

Salah seorang pengunjung Septina mengatakan, dirinya senang melihat berbagai karya perupa di Kalteng. Menurutnya karya-karya perupa Kalteng tidak kalah dengan perupa dari kota-kota besar lainnya di Indonesia.

“Melalui karya para perupa ini, kita bisa melihat sisi lain Kalteng yang dituangkan dalam sebuah kanvas. Sungguh luar biasa,” terangnya.

Sebelumnya, Ketua Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Kalteng Natalia mengatakan, pameran yang baru saja dilaksanakan itu, menjadi sarana strategis menampilkan karya-karya terbaik dari para perupa atau seniman dalam seni rupa yang ada di daerah setempat.

“Kegiatan ini berupa pameran berbagai lukisan dari para perupa Kalteng yang bisa dinikmati keindahannya oleh masyarakat,” kata

Banyak karya menarik dan bernilai seni tinggi ditampilkan dalam kegiatan ini, di antaranya yang berkaitan dengan kehidupan di Kalimantan Tengah. Beberapa lukisan yang tampak ditampilkan dalam ajang ini, seperti lukisan wajah perempuan Dayak yang lengkap mengenakan baju adat, ornamen-ornamen Dayak, primata seperti orang utan, serta banyak lainnya.

ANTARA