Debit Air di Hulu Katingan Meningkat, BPBD Ingatkan Warga Tetap Waspada

BANJIR : IST/BERITA SAMPIT - Suasana di salah satu desa di Katingan nampak warga saat mendorong perahu membawa barang agar tidak basah.

KASONGAN –Curah hujan yang cukup tinggi terjadi hampir merata di wilayah Kabupaten Katingan, akibatnya air Sungai di wilayah hulu seperti Kecamatan Bukit Raya kembali meluap ke permukaan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Roby membenarkan jika sejauh ini air Sungai Katingan terutama wilayah hulu mengalami kenaikan alias pasang sebagai dampak curah hujan tinggi.

“Informasi yang kami terima, akibat hujan sepanjang hari Jumat kemarin, telah mengakibatkan banjir di Desa Tumbang Batik Kecamatan Bukit Raya. Kami sudah menghubungi pihak-pihak yang ada di kecamatan dan desa yang membenarkan ada bagian-bagian rendah yang tergenang air namun tidak ada rumah yang terendam dan tidak ada pengungsian,” jelas Roby. Sabtu, 18 Juni 2022.

BACA JUGA:   Penyuluh Agama dan Anggota Asosiasi Keagamaan Diharapkan Mampu Jalankan Tugas

Dia menambahkan kondisi banjir sesaat di bagian Hulu Sungai Katingan memang bisa terjadi dan berlangsungnya hanya 1 x24 jam. Pasalnya, air cepat terkirim kebagian hilir sungai Katingan.

“Air terlihat cepat naik bahkan menggenangi bagian pinggir desa karena sungai di bagian Hulu ini tidak terlalu lebar dan juga tidak terlalu dalam. Meskipun demikian, melalui pemerintah kecamatan dan desa setempat tetap diimbau untuk waspada dengan kondisi yang ada sehingga tidak menimbulkan kerugian moril dan material dari pihak masyarakat,” bebernya.

Kondisi serupa juga terjadi di Kelurah Pegatan Kecamatan Katingan Kuala yang terletak di Selatan wilayah Katingan. Menurut Camat Katingan Kuala Hariadi Utomo daerahnya memang sempat mengalami Banjir laut air pasang atau banjir rob.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Imbau Perusahaan Swasta Perhatikan Pembayaran THR Karyawan

Kenaikan air pasang ke pemukiman warga ini sempat berlangsung cukup lama dari Pagi hingga siang Sabtu. Hal ini beriringan dengan tingginya intensitas hujan di Kalteng khususnya Katingan.

“Ia benar memang ada kenaikan air tadi pagi dan sekarang sudah kembali normal. Kalo dilihat dari pemberitahuan BMKG cuaca sekarang daerah pesisir Selatan Kalteng curah hujannya tinggi dari tanggal 17-21 Juni 2022,” jelasnya.

Dia mengimbau warganya untuk meningkatkan pengawasan terhadap anak-anak di bawah umur bermain di luar rumah. Sedangkan para nelayan untuk tetap memperhatikan cuaca ketika ingin bekerja ke laut.

(Kawit/Beritasampit.co.id)