DKPP Seruyan Diminta Bantu Pengolahan Lahan Pertanian

KUALA PEMBUANG – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Seruyan Harry Darmawan meminta kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) agar memerhatikan terkait bantuan dalam pengolahan lahan bagi petani.

“Aspirasi masyarakat daerah pemilihan III yang disampaikan kepada kami, mereka mengeluhkan tidak bisa bertani dikarenakan minimnya bantuan pertanian dari pemerintah,” katanya, S 19 Juni 2022.

Menurut Harry Darmawan, bantuan yang diharapkan tersebut berupa alat mesin pertanian (alsintan) seperti hand tractor, bibit, pupuk dan lainnya, sehingga mereka bisa melaksanakan aktivitas pertanian dan sekaligus bisa meningkatkan hasil pertanian.

“Bantuan ini sangat diperlukan bagi masyarakat dapil III untuk pengelolan lahan pertanian di daerah tersebut. Selain untuk mencukupi kebutuhan pangan masyarakat, dan juga meningkatkan perekonomian,” harapnya.

Sementara itu, masyarakat dapil III juga kesulitan dalam mengolah lahan, dikarenakan wilayah pengolahan yang banyak ditemukan bekas kayu yang sulit dipindahkan menggunakan tangan kosong.

Ditambahkan, alsintan yang diharapkan ini lah yang sangat diperlukan untuk mengolah lahan-lahan tersebut, agar masyarakat bisa melaksanakan aktivitas pertanian dengan efektif.

“Hal ini yang harus menjadi perhatian kita bersama. Jangan sampai sektor yang diunggulkan seperti di bidang pertanian melemah di Bumi Gawi Hatantiring ini, sekali lagi kami harapkan pemkab dan pemprov lebih memerhatikan hal tersebut, tujuannya supaya masyarakat sejahtera,” tandasnya.