DPRD Minta Lahan Pertanian Produktif Diperluas

Anggota DPRD Seruyan Provinsi Kalimantan Tengah, Bejo Riyanto. ANTARA/handout_Publikasi DPRD Seruyan.

KUALA PEMBUANG – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan menyarankan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Seruyan untuk menggencarkan program perluasan lahan pertanian produktif.

Ketua Komisi A DPRD Seruyan Bejo Riyanto mengungkapkan, hal ini dimaksudkan agar hasil produksi pertanian secara keseluruhan yang ada di Bumi Gawi Hatantiring bisa meningkat. “Perluasan lahan pertanian ini dilakukan agar produksi padi kita meningkat tiap tahunnya,” katanya, Sabtu 18 Juni 2022.

Dengan meningkatnya hasil produksi pertanian tersebut, tentu akan memperbesar kesempatan untuk mengembalikan Kabupaten Seruyan sebagai lumbung padi serta mewujudkan ketahanan pangan di wilayah setempat.

BACA JUGA:   PBS Diminta Realisasikan Kesepakatan Pembelian Harga TBS

Kabupaten Seruyan merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi sektor pertanian yang cukup melimpah untuk dikembangkan, bahkan pernah menjadi lumbung padi seiring dengan melimpahnya pasokan tanaman padi di wilayah setempat pada zaman dulu.

Maka dari itu, pihaknya mendorong instansi terkait agar bisa melakukan langkah yang diperlukan untuk mengembangkan sektor pertanian, supaya bisa mengembalikan Seruyan sebagai lumbung padi.

“Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah memperluas lahan pertanian produktif. Dan hendaknya dalam perluasan lahan ini bisa dilakukan secara merata, mulai dari daerah hilir, tengah dan hulu. Agar kita mewujudkan ketahanan pangan secara merata pula,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Sosialisasi Tertib Administrasi Harus Ditingkatkan

Selain itu, edukasi yang diberikan kepada para petani yang ada juga mesti ditingkatkan. “Entah itu melalui bimtek, pelatihan-pelatihan serta agenda lainnya yang ditujukan untuk menambah wawasan serta ilmu pengetahuan para petani dalam mengembangkan persawahan mereka,” pungkasnya.

(Visited 1 times, 1 visits today)